Implementasi kurikulum berbasis lingkungan sebagai program adiwiyata kelas 1 - 3 SDN Ngaglik 1 Kota Batu / Egithia Alfi Rosydiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum berbasis lingkungan sebagai program adiwiyata kelas 1 - 3 SDN Ngaglik 1 Kota Batu / Egithia Alfi Rosydiana

Rosydiana, Egithia Alfi (2020) Implementasi kurikulum berbasis lingkungan sebagai program adiwiyata kelas 1 - 3 SDN Ngaglik 1 Kota Batu / Egithia Alfi Rosydiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosydiana Egithia Alfi. 2020. Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan sebagai Program Adiwiyata Kelas 1 3 SDN Ngaglik 1 Kota Batu. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci implementasi kurikulum lingkungan program Adiwiyata Kurikulum berbasis lingkungan merupakan kegiatan terencana yang berisi rancangan pendidikan terintegrasi pendidikan lingkungan hidup pada intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler. Tujuan kurikulum berbasis lingkungan yaitu menumbuhkan karakter cinta dan peduli lingkungan yang dipengaruhi dari rancangan pembelajaran untuk peserta didik di SDN Ngaglik 1 Kota Batu. Dalam hal ini kurikulum berbasis lingkungan memiliki capaian agar peserta didik memiliki keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir secara kritis kreatif secara stimultan keterampilan berkomunikasi kolaborasi dan perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Dalam analisis data ini peneliti menggunakan beberapa tahap analisis data penelitian kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum berbasis lingkungan di SDN Ngaglik 1 Kota Batu diterapkan melalui (1) Kurikulum berbasis lingkungan pada intrakurikuler (2) Kurikulum berbasis lingkungan pada kokurikuler dan (3) Kurikulum berbasis lingkungan pada ekstrakurikuler (4) perencanaan pengelolaan sekolah Adiwiyata (5) pelaksanaan pengelolaan sekolah Adiwiyata dan (6) evaluasi pengelolaan sekolah Adiwiyata. Implementasi kurikulum berbasis lingkungan di pengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung implementasi kurikulum berbasis lingkungan yaitu (1) pendekatan lingkungan oleh manajemen sekolah yang berkompeten kontribusi komite sekolah sikap masyarakat kerjasama dengan beberapa pihak dan paguyuban dalam mendukung program Adiwiyata (2) pembelajaran yang disusun secara berhubungan sesuai faedah isi dan prosedur lingkungan (3) pendidikan lingkungan hidup yang disusun ke dalam kurikulum yang membentuk peserta didik memiliki rasa cinta peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungannya (4) guru yang berkompeten dalam mempersiapkan komponen kurikulum. Faktor penghambat implementasi kurikulum berbasis lingkungan di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal dipengaruhi oleh (1) kurangnya pemahaman terhadap pengelolaan kegiatan kegiatan belajar lingkungan hidup (2) tidak semua guru memiliki kompetensi yang baik untuk mengajar (3) perencanaan perangkat pembelajaran belum tersusun dengan baik karena kurangnya pemahaman dan kemalasan guru. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh (1) keterlibatan warga sekolah maupun luar warga sekolah belum menunjukkan hasil dari tujuan penanaman kesadaran yang peduli dan berbudaya lingkungan (2) kebijakan pemerintah maupun instansi serta stakeholder untuk memberikan kontribusi pada sekolah berupa pengetahuan dan keterampilan belum mencapai hasil yang efektif dan efisien. Upaya pendekatan lingkungan hidup dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. Upaya pendekatan yang dilakukan SDN Ngaglik 1 Kota Batu yaitu (1) membidik warga sekolah yang kurang aktif dalam menjalankan program-program Adiwiyata (2) pengembangan potensi-potensi peserta didik dilakukan secara menyeluruh dan terpadu (3) mengedepankan permasalahan lingkungan dalam bentuk visi misi dan tujuan yang dapat mempengaruhi berjalannya kurikulum berbasis lingkungan (4) menjalin kemitraan dengan lembaga yang memiliki legalitas dan bersama-sama mencari peluang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158755

Actions (login required)

View Item View Item