Pengembangan media marble multiplication board materi perkalian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar / Dwi Ardita Kurnia Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media marble multiplication board materi perkalian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar / Dwi Ardita Kurnia Rizki

Rizki, Dwi Ardita Kurnia (2020) Pengembangan media marble multiplication board materi perkalian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar / Dwi Ardita Kurnia Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana atau alat bantu yang berfungsi sebagai perantara penyampaian informasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Media pembelajaran juga berfungsi untuk menjelaskan materi atau konsep yang bersifat abstrak menjadi konkret agar mudah dipahami siswa SD. Materi pada pembelajaran matematika yang sulit untuk dipahami siswa salah satunya yaitu materi perkalian dasar. Berdasarkan data yang diperoleh pada magang dan KPL di SDN Gadingkasri Malang SDN Percobaan 2 Malang dan SDN Bareng 4 Malang ditemukan permasalahan yang sama yaitu banyaknya siswa yang belum hafal dan mengerti konsep dari perkalian. Selain itu kurangnya media pembelajaran di sekolah juga menjadi salah satu permasalahan. Oleh karena itu maka diperlukannya media pembelajaran materi perkalian untuk siswa SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural atau model deskriptif dimana tiap langkahnya berisikan penjelasan yang harus diikuti peneliti. Sedangkan metode pengembangan produk pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode yang tahapnya telah dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan peneliti menjadi 6 tahap diantaranya sebagai berikut 1) Pendahuluan 2) Desain produk 3) Validasi ahli 4) Revisi berdasarkan validasi ahli 5) Uji coba skala terbatas 6) Revisi berdasarkan uji coba skala terbatas. Uji coba produk pada penelitian dan pengembangan ini yaitu uji coba kevalidan produk dan uji coba kepraktisan produk. Hasil dari uji coba kevalidan produk yang dilakukan oleh validator ahli media memperoleh skor sebesar 0 92. Sedangkan hasil uji coba kevalidan produk yang dilakukan oleh validator ahli materi memperoleh skor sebesar 0 90 yang dapat dikategorikan valid sehingga layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil uji coba kepraktisan media dengan menggunakan angket respon guru dan siswa memperoleh persentase 93% dan 100% yang dapat dikategorikan sangat valid sangat praktis sehingga dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Marble Multiplication Board materi perkalian valid dan dapat digunakan dengan atau tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158753

Actions (login required)

View Item View Item