Penerapan strategi drta untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman berbantu media gambar seri tema 8 pada siswa kelas iii sd negeri 01 arjosari / Desia Dwisafika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi drta untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman berbantu media gambar seri tema 8 pada siswa kelas iii sd negeri 01 arjosari / Desia Dwisafika

Dwisafika, Desia Dwisafika (0000) Penerapan strategi drta untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman berbantu media gambar seri tema 8 pada siswa kelas iii sd negeri 01 arjosari / Desia Dwisafika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dalam penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantu Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 1 Arjosari Kalipare dan mendeskripsikan hasil keterampilan membaca pemahaman dengan penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman berbantu Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III SDN 1 Arjosari Kalipare Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas berjenis kolaboratif yang digunakan pada penelitian ini karena sesuai untuk menggambarkan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh guru dan bekerja sama dengan orang lain. Jadi penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran menjadi lebih optimal Penelitian ini melibatkan 15 siswa SDN 1 Arjosari . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obserasi wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa hasil observasi lapangan dan wawancara. Data pada penelitian ini meliputi aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menerapkan keterampilan membaca pemahaman. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan srtategi DRTA terbukti meingkatkan kemampuan membaca pemahaman siswakelas III SDN 1 Arjosari. Hasil persentase ketuntasan siswa pada siklus 1 (57 3 %) dan siklus II (83 26 %) mengalami peningkatan sebesar 33% menunjukkan bahwa nilai kemampuan membaca pemahaman siswa sangat baik. Siswa kelas III ini mampu menguasai pada tingkat membaca pemahaman ke 3 yaitu tingkat membaca kritis merupakan membaca pemahaman dengan menghubungkan isi teks dengan fakta-fakta. Kesulitan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman adalah siswa kurang berani dan teliti dalam menulis prediksi siswa hanya menyebutkan setiap kejadian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158751

Actions (login required)

View Item View Item