Analisis penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Nur Fitri Mulyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Nur Fitri Mulyati

Mulyati, Nur Fitri (2020) Analisis penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Nur Fitri Mulyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar menjelaskan bahwa melalui pelaksanaan kegiatan pembiasaan PPK diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan 5 nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah. SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar ini juga merupakan salah satu sekolah yang menjadi rujukan dalam pelaksanaan PPK di Kota Blitar. Dalam pengorganisasian kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar memiliki tim khusus yang bertugas sebagai perencana penanggung jawab serta mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kegiatan PPK berbasis budaya sekolah serta menganalisis lima nilai karakter utama pada pendidikan karakter di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan ethnography. Data diperoleh dari hasil pengumpulan data dengan teknik wawancara observasi angket dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kegiatan PPK berbasis budaya sekolah di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar. Berdasarkan hasil analisis pada kegiatan PPK berbasis budaya sekolah di SDN Kepanjenlor 2 terdapat empat kegiatan berbasis budaya sekolah dengan kemunculan lima karakter yaitu 1) kegiatan rutin dengan kemunculan karakter religus 33 kali atau 97% karakter nasionalisme 22 kali atau 95% karakter mandiri pada 15 kali atau 100% karakter integritas 34 kali atau 100% Karakter gotong royong 25 atau 89% 2) kegiatan spontan dengan kemunculan karakter religius 9 kali atau 64% karakter nasionalis 5 kali atau 50% karakter mandiri 6 kali atau 75% karakter integritas 11 kali atau 73% karakter gotong royong 10 kali atau 63% 3) kegiatan keteladanan dengan kemunculan karakter religius 7 kali atau 54% karakter nasionalis 6 kali atau 55% karakter mandiri 5 kali atau 71% karakter integritas 11 kali atau 78% karakter gotong royong 10 kali atau 71% dan 4) kegiatan terprogram dengan kemunculan karakter religius 9 kali atau 60% karakter nasionalis 11 kali atau 91% karakter mandiri 12 kali atau 92% karakter integritas 7 kali atau 63% dan karakter gotong royong 8 atau 57%. Kesimpulannya dari empat kegiatan budaya sekolah pembagian karakter pada masing-masing kegiatan berdasarkan karakter yang tampak dari yaitu karakter religius 23 3% nasionalis 13 7% mandiri 15 3% integritas 25 4% dan gotong royong 22 1%. Saran bagi kepala sekolah yaitu diharapkan lebih mengoptimalkan kegiatan PPK yang sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158750

Actions (login required)

View Item View Item