Pengembangan media pembelajaran domino aksara jawa (dakwa) dengan penguatan karakter kerja keras untuk mengenalkan aksara jawa pada siswa kelas III Sekolah Dasar / Dyah Ayu Sufidiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran domino aksara jawa (dakwa) dengan penguatan karakter kerja keras untuk mengenalkan aksara jawa pada siswa kelas III Sekolah Dasar / Dyah Ayu Sufidiana

Sufidiana, Dyah Ayu (2020) Pengembangan media pembelajaran domino aksara jawa (dakwa) dengan penguatan karakter kerja keras untuk mengenalkan aksara jawa pada siswa kelas III Sekolah Dasar / Dyah Ayu Sufidiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran baik dalam penguasaan pengetahuan keterampilan maupun sikap. Sedangkan aksara Jawa sendiri merupakan salah satu budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Dari wawancara observasi dan penyebaran angket didapatkan permasalahan yang muncul bahwa (1) siswa belum bisa mengucapkan aksara Jawa dengan benar (2) siswa belum hafal aksara Jawa (3) siswa belum bisa menulis aksara Jawa dengan benar dan (4) media pembelajaran yang menunjang untuk mata pelajaran Bahasa Jawa terbatas pada buku dan poster aksara Jawa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan 1 set produk media DAKWA pada materi aksara Jawa kelas III SD dengan penguatan karakter kerja keras yang berisi 21 pasang domino dan petunjuk penggunaan yang valid menurut ahli media dan ahli materi praktis menurut guru dan menarik bagi siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Sugiyono (2018). Berdasarkan prosedur tersebut terdapat 9 tahap penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Hasil penelitian pengembangan media DAKWA menunjukkah bahwa media layak digunakan. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh tingkat validitas materi sebesar 97 2% ahli media diperoleh tingkat validitas media sebesar 85% pada validasi pertama dan 96 4% pada validasi kedua dari guru sebagai pengguna diperoleh tingkat validitas sebesar 86 9% untuk kategori praktis. Pada uji coba produk untuk mengetahui tingkat kemenarikan produk diperoleh nilai sebesar 95 8% pada uji coba produk dan 97 9% pada uji coba pemakaian. Pada angket karakter kerja keras menunjukkan bahwa karakter keras siswa muncul ketika bermain menggunakan media DAKWA yang dibuktikan dengan perhatian siswa pada media saat bermain. Berdasaran hasil penelitian disimpulkan bahwa media DAKWA valid menurut ahli materi dan ahli media praktis menurut guru sebagai pengguna dan menarik bagi siswa. selain itu media DAKWA juga dapat menumbuhkan karakter kerja keras siwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158748

Actions (login required)

View Item View Item