Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tematik di SD kelas V tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan / Opsi Eli Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tematik di SD kelas V tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan / Opsi Eli Saputri

Saputri, Opsi Eli (2020) Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tematik di SD kelas V tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan / Opsi Eli Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputri Opsi Eli. 2020. Pengembangan Media Power Point Interaktif Untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Power Point Interaktif Kelas V Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan merangsang perhatian dan memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan tersebut akan tercapai apabila dapat dikemas secara menarik oleh seorang guru. Beberapa guru di Sekolah Dasar khususnya pada kelas V masih mengacu pada buku tematik belum dapat menghadirkan contoh konkret dan belum dapat mengoptimalkan fasilitas yang terdapat di sekolah karena terhambat oleh waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran Power Point Interktif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa paket CD (Compact Disc) yang dinyatakan layak dan efektif oleh ahli media ahli materi dan guru kelas V Sekolah Dasar. Selain itu dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran dan membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Dick Carey yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi menjadi 8 langkah karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah tersebut meliputi (1) analisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan khusus (3) mengembangkan instrumen (4) strategi pembelajaran (5) mengembangkan produk (6) merancang dan melakukan evaluasi formatif (7) melakukan revisi produk (8) hasil. Hasil validasi produk ahli media memperoleh skor kelayakan sebesar 92 5%. Hasil validasi ahli materi Bahasa Indonesia memperoleh skor kelayakan sebesar 97 5%. Hasil validasi ahli materi SBdP memperoleh skor kelayakan sebesar 97 5%. Hasil validasi ahli materi IPA memperoleh skor kelayakan sebesar 95 8%. Hasil uji coba produk oleh pengguna (guru) memperoleh skor keefektifan sebesar 97 5%. Uji coba kelompok kecil oleh peserta didik memperoleh skor keefektifan sebesar 94 5%. Ditinjau dari hasil skor validasi dan uji coba produk memperoleh skor sebesar 95 8% hal ini dinyatakan layak dan efektif digunakan. Media pembelajaran Power Point Interaktif dapat meningkatkan antusiasme dan keingintahuan peserta didik untuk memahami materi tersebut. Oleh karena itu disarankan bagi guru dan peserta didik sebelum menggunakan media untuk menyiapkan laptop atau komputer mengecek kelengkapan paket media membaca buku petunjuk dan menyiapkan speaker atau earphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158744

Actions (login required)

View Item View Item