Klasifikasi konsepsi siswa tentang daur hidup hewan menggunakan tes diagnostik berbasis certainty of response index pada muatan IPA di kelas IV SD se-Gugus 2 kecamatan Wajak / Farda Al Zakroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi konsepsi siswa tentang daur hidup hewan menggunakan tes diagnostik berbasis certainty of response index pada muatan IPA di kelas IV SD se-Gugus 2 kecamatan Wajak / Farda Al Zakroh

Zakroh, Farda Al (2020) Klasifikasi konsepsi siswa tentang daur hidup hewan menggunakan tes diagnostik berbasis certainty of response index pada muatan IPA di kelas IV SD se-Gugus 2 kecamatan Wajak / Farda Al Zakroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan hasil belajar dan pemahaman siswa dalam mempelajari suatu materi diperlukan pemahaman konsep yang kuat pada siswa untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan konsep yang akan berpengaruh pada pembelajaran selanjutnya. Kesalahan konsep atau miskonsepsi dan tidak tahu konsep merupakan salah satu penyebab dari kesulitan belajar seorang siswa. Selama ini guru mengetahui terjadinya kesalahan konsep pada siswa hanya melalui wawancara sebab instrumen evaluasi pendeteksi miskonsepsi dan siswa yang tidak tahu konsep belum banyak digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalis klasifikasi konsepsi siswa tentang materi daur hidup hewan menggunakan tes diagnostik berbasis Certainty of Response Index tujuannya adalah untuk mengetahui konsepsi siswa tentang materi daur hidup hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Se-Gugus 2 Kecamatan Wajak tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se-Gugus 2 Kecamatan Wajak yang berjumlah 111 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini meggunakan sampling sistematis sehingga diperoleh 56 siswa sebagai sampel. Dari hasil penelitian kuantitatif deskriptif ini menunjukkan bahwa masih ada siswa yang mengalami miskonsepsi. Persentase konsepsi siswa pada materi daur hidup hewan kategori Tahu Konsep sebesar 38 43% kategori Miskonsepsi sebesar 24 38% dan kategori Tidak Tahu Konsep sebesar 37 17%. Konsepsi siswa tentang materi daur hidup di dominasi oleh kategori Tahu Konsep yaitu sebesar 38 43% terletak pada konsep metamorfosis sempurna. Konsepsi siswa dengan kategori Tahu Konsep terletak pada konsep metamorfosis sempurna sedangkan konsepsi siswa dengan kategori Miskonsepsi terletak pada konsep pengertian metanorfosis konsep daur hidup tanpa metamorfosis dan konsep metamorfosis tidak sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158743

Actions (login required)

View Item View Item