Penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang / Uun Hariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang / Uun Hariyanti

Hariyanti, Uun (2014) Penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang / Uun Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hariyanti Uun. 2014. PenerapanPembelajaran Model Creative Problem Solving PadaMateriLingkaranUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang.Skripsi JurusanMatematika FakultasIlmuPengetahuanAlamdanMatematika UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci pembelajaran model creative problem solving kemampuanberpikirkreatif. Berdasarkanobservasiawal yang dilakukanolehpeneliti di SMPN 21 Malang diketahuibahwakemampuanberpikirkreatifsiswamasihkurang.Hal initerbuktidarihasiltessederhana yang dilakukanolehpeneliti di duakelasberbedayaituhanyaterdapatduasiswa yang dapatmenyelesaikanpermasalahan yang diberikan.Selainituberdasarkanhasilwawancaranonformaldenganbeberapa guru matematikakelas VIII diketahuibahwaketerampilanmengerjakansoalmatematikapadasiswakelas VIII masihkurang.Olehkarenaitu perluditerapkanpembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa. Salah satualternatifnyaadalahpembelajaranmodel Creative Problem Solving (CPS). Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiridariduasiklusdansetiapsiklusmencakupempattahap yaituperencanaan tindakan pengamatan danrefleksi.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII 2 SMPN 21 Malang.Data yang dikumpulkanmeliputi (1) data hasilvalidasi (2) data hasillembarobservasikegiatan guru dansiswaselamapembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) (3) data teskemampuanberpikirkreatif yang dilakukansetiapakhirsiklus. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapan model Creative Problem Solving (CPS) yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelas VIII 2 SMPN 21 Malangpadamaterilingkaran. Berdasarkanhasilanalisis data diperolehduakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertama proses pelaksanaan model Creative Problem Solving (CPS)dapatterlaksanadenganbaik di kelasVIII 2.Tahapan-tahapan model Creative Problem Solving (CPS) yang digunakanadalah (1) tahap klarifikasi masalah meliputi pemberian penjelasan kepada siswa tentang masalah yang diajukan (2) tahappengungkapan pendapatyaitutahapdimanasiswa diminta untuk memikirkan sebanyak mungkin ide yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah yang diberikan (3) tahapevaluasidanpemilihanyaitupadatahapinisetiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau strategi-strategi yang cocok untuk menyelesaikan masalah (4) tahapimplementasiyaitusiswa menentukan strategi yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah kemudian menerapkannya hingga menemukan penyelesaian dari masalah tersebut sesuai dengan pilihan mereka yang ditentukan pada langkah evaluasi dan pemilihan. Kedua pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelas VIII 2 SMPN 21 Malang. Padasiklus I kemampuanberpikirkreatifsiswa yang dihitungsecaraklasikalmasukdalamkategoricukupkreatif.Sedangkanpadasiklus II kemampuanberpikirkreatifsiswa yang dihitungsecaraklasikalmasukdalamkategorikreatif. Berdasarkanhasilpenelitianini dapatdisarankanuntukmenerapkanpembelajaran model Creative Problem Solving (CPS)dalammembelajarkanmatematika di sekolahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.Dalammenerapkanpembelajaran model Creative Problem Solving (CPS)perludiperhatikanperencanaanalokasiwaktu yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item