Penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Desy Ratna Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Desy Ratna Dewi

Dewi, Desy Ratna (2014) Penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Desy Ratna Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Desy Ratna. 2014. Penerapan Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci Penilaian portofolio Pembelajaran kooperatif tipe STAD Motivasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal serta wawancara kepada guru pengajar matematika di SMA Negeri 9 Malang kelas XI IPA 2 diketahui bahwa siswa kurang memperhatikan dan fokus pada pembelajaran di kelas. Suasana kelas gaduh karena siswa suka berbicara sendiri dengan teman sebangkunya tentang hal di luar pelajaran. Ketika guru bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya sebagian dari mereka tampak bingung dan mencari jawabannya di buku. Hal tersebut menandakan siswa tidak mempelajari kembali materi yang telah dipelajari dan belum mempersiapkan diri untuk belajar di kelas. Siswa juga jarang mengerjakan pekerjaan rumah yang telah ditugaskan bahkan sebagian besar dari mereka mencontek pekerjaan rumah milik temannya di kelas ketika akan dikumpulkan. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang dengan subjek siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan lembar observasi motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penerapan penilaian portofolio terdiri dari tahap pengenalan pengumpulan dan penilaian portofolio. Proses pengenalan dan pengumpulan dilaksanakan selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Presentasi kelas (2) Tim (3) Kuis (4) Skor kemajuan individual dan (5) Rekognisi tim. Portofolio dalam penelitian ini berisi hasil karya siswa yaitu (1) Jurnal harian siswa (2) Rangkuman materi (3) Kuis (4) Pekerjaan rumah (5) Tes akhir siklus dan (6) Refleksi diri 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah mengikuti penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat baik berdasarkan angket motivasi maupun lembar observasi motivasi siswa. Berdasarkan angket motivasi sebelum tindakan persentase skor motivasi klasikal siswa adalah 76 8% dengan kategori cukup. Pada siklus I persentase skor motivasi klasikal siswa meningkat menjadi 83 3% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 84 8% dengan kategori baik. Berdasarkan lembar observasi motivasi pada siklus I persentase keberhasilan adalah 79 1% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 86 8% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item