Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP negeri 1 Malang / Galuh Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP negeri 1 Malang / Galuh Maulidiyah

Maulidiyah, Galuh (2014) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP negeri 1 Malang / Galuh Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidiyah Galuh. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M. Pd. Kata Kunci Cooperative Script akitivitas siswa hasil belajar Teorema Pythagoras SMP 12288 12288 12288 Berdasarkan data yang diperoleh diketahui siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Malang memiliki aktivitas dan hasil belajar Teorema Pythagoras yang masih kurang. Masalah ini memotivasi peneliti untuk melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses pembelajaran kooperatif model cooperative script yang dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Malang. Penelitian dilakukan pada tanggal 27 November 2013 sampai 7 Desember 2013. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah Teorema Pythagoras. Analisis data diperoleh dari data nilai siswa pada ujian sebelumnya hasil validasi hasil observasi dan nilai tes hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Data temuan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 85% dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu 70%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 73 33% dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan yaitu 70%. Pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa sebesar 100% sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 90% sehingga pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative script dikatakan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini langkah-langkah Cooperative Script yang dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa yaitu (a) Mood peneliti membagi siswa berkelompok secara berpasangan dan membuat kesepakatan siapa yang pertama kali menjadi pembicara awal dan pendengar (b) Understand siswa mengerjakan LKS Teorema Pythagoras dari guru secara individu (c) Recall siswa yang berperan sebagai pembicara menjelaskan salah satu hasil pekerjaannya dari LKS Teorema Pythagoras kepada pasangannya (d) Detect siswa yang berperan sebagai pendengar mendengarkan menyimak mengoreksi dan memberikan saran terhadap penjelasan pembicara (e) Elaborate kegiatan siswa bertukar peran pembicara awal menjadi pendengar sedangkan pendengar menjadi pembicara dan pembicara menjelaskan hasil pekerjaannya atau LKS Teorema Pythagoras yang belum didiskusikan dengan pasangannya (f) Review salah satu kelompok mempresentasikan dan mendiskusikan kedua LKS Teorema Pythagoras yang sudah dikerjakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item