Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI MAN I Trenggalek / Yayuk Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI MAN I Trenggalek / Yayuk Sri Wahyuni

Yayuk Sri Wahyuni (2009) Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI MAN I Trenggalek / Yayuk Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membiasakan anak-anak untuk belajar merupakan salah satu faktor yang penting. Kebiasaan yang dibina dari saat ke saat ini akan banyak menguntungkan bagi orang tua maupun bagi anak. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik akan memperoleh prestasi belajar yang baik pula. Sebaliknya anak yang kebiasaan belajarnya tidak baik prestasi belajarnya tidak maksimal. Sebagaimana dikemukakan Hamalik bahwa cara belajar yang dipergunakan turut menentukan hasil belajar yang diharapkan. Cara yang tepat akan membawa hasil yang memuaskan sedangkan cara yang tidak sesuai akan menyebabkan belajar itu kurang berhasil. Tujuan penelitian ini untuk (a) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas XI MAN Trenggalek (b) mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas XI MAN Trenggalek (c) mengetahui hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Trenggalek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Trenggalek tahun pelajaran 2006/2007 yang keseluruhan berjumlah 315 responden. Sampel berjumlah 63 responden. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan kriteria jawaban selalu sering kadang-kadang tidak pernah. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas XI MAN Trenggalek memiliki kebiasaan belajar yang baik di rumah dengan persentase 74 6 % dan kebiasaan belajar yang baik di sekolah dengan persentase 73 01 %. (2) Prestasi belajar siswa kelas XI MAN Trenggalek menunjukkan kriteria lebih baik 20 6 % kriteria baik 50 8 % dan kriteria 28 7 % memiliki prestasi belajar cukup baik. (3). Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefisien r ( korelasi product moment ) adalah 0 9609998 angka ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara variabel kebiasaan belajar (X) dengan prestasi belajar (Y). Saran yang disampaikan adalah siswa kelas XI MAN Trenggalek perlu meningkatkan prestasi belajar agar dapat mencapai kriteria yang lebih tinggi dari yang telah dicapai saat ini dan perlu meningkatkan kebiasaan belajar yang lebih baik dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Kepala sekolah meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan sarana dan prasarana atau fasilitas untuk siswa. Guru bidang studi menentukan langkah yang tepat dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pengajaran. Konselor lebih meningkatkan perannya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling secara optimal. Orang tua diharapkan dapat menjadi motivator utama dalam belajar siswa di rumah dengan menerapkan kebiasaan belajar yang baik kepada putra-putrinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item