Maskurin, Intan (2014) Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan kemampuan penyelidikan pada materi teorema Pythagoras bagi siswa kelas VIII-C SMPN 1 Malang / Intan Maskurin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maskurin Intan. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelidikan pada Teorema Pythagoras Bagi Siswa Kelas VIII-C SMPN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Askury S. Pd. Kata Kunci penemuan terbimbing kemampuan penyelidikan 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi pendahuluan serta wawancara kepada guru pengajar matematika kelas VIII-C di SMPN 1 Malang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarang diterapkan metode yang bervariasi. Metode ceramah masih menjadi pilihan utama beliau dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas yang mengakibatkan siswa pasif. Selain itu masalah utama yang ditemukan yaitu kemampuan penyelidikan siswa masih kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penyelidikan siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penemuan terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dimaksudkan mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan penyelidikan pada teorema Pythagoras bagi siswa kelas VIII-C SMPN 1 Malang. Aktivitas penemuan siswa dilakukan dengan diskusi kelompok agar siswa dapat saling bertukar pikiran dalam proses melakukan penyelidikan untuk menemukan hal baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes akhir siklus dan 4) hasil angket siswa. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penyelidikan siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 76 67 % dan 86 67% siswa kelas VIII-C memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan metode penemuan terbimbing yaitu (1) pemberian masalah guru membagikan LKS yang berisi masalah yang harus dipahami oleh siswa (2) latihan pengembangan siswa bersama kelompoknya berdiskusi untuk mengumpulkan data dari masalah yang disediakan dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan bimbingan guru (3) penyusunan data siswa bersama kelompoknya berdiskusi untuk menyusun informasi yang telah dikumpulkan dan digunakan untuk menyelesaikan masalah pada LKS dengan bimbingan guru (4) penambahan data siswa diberikan data tambahan bila diperlukan untuk diolah dengan data sebelumnya agar memperoleh informasi baru (5) membuat prediksi siswa membuat prediksi jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompok (6) pemeriksaan hasil siswa melakukan presentasi untuk memeriksa hasil diskusi mereka dengan teman sekelas yang kemudian kebenaran prediksi itu dikonfirmasi oleh guru (7) pengorganisasian kembali siswa memberikan kesimpulan dari apa yang telah dipelajari kemudian dilanjutkan dengan latihan soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15868 |
Actions (login required)
View Item |