Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII SMP Negeri 1 Doko pada pokok bahasan himpunan / Yeyen Anggun Mikewati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII SMP Negeri 1 Doko pada pokok bahasan himpunan / Yeyen Anggun Mikewati

Mikewati, Yeyen Anggun (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII SMP Negeri 1 Doko pada pokok bahasan himpunan / Yeyen Anggun Mikewati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mikewati Yeyen Anggun. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Doko Pada Pokok Bahasan Himpunan. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo D. C M.Pd. Kata kunci STAD Problem Solving Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengajar matematika di kelas VII A SMPN 2 Doko diketahui bahwa siswa cenderung kesulitan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita. Hal ini terbukti dari hasil tes awal yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VII A di SMPN 2 Doko yang menunjukkan bahwa dari 2 soal cerita yang diberikan hanya terdapat 9 siswa dari 27 siswa yang dapat menjawab semua soal rata-rata hasil pekerjaan siswa menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal tidak dapat memahami apa yang diketahui dan ditanyakan tidak menerapkan konsep dengan benar dan jawaban yang diberikan cenderung salah. Observasi langsung pada proses pembelajaran diketahui siswa tidak berani bertanya menjawab dan mengemukakan pendapat. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar pada siswa kelas VII A masih cenderung rendah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif STAD berbasis Problem Solving yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 2 Doko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) dan berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan pada penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi (1) data hasil lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran STAD berbasis Problem Solving dan (2) data tes hasil belajar yang diperoleh dari hasil tes akhir pada setiap siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD berbasis Problem Solving yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 2 Doko melalui tahapan sebagai berikut (1) presentasi kelas yaitu mengingatkan materi sebelumnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang menggali pemahaman siswa terhadap masalah dengan pemberian reward (2) kerja tim yaitu pemberian pendampingan diskusi dengan pertanyaan menuntun yang didistribusikan secara merata sehingga siswa dapat menentukan strategi dalam menyelesaikan masalah (3) kuis yaitu pemberian pertanyaan dalam bentuk soal yang menuntut siswa menggunakan strategi sekaligus melakukan pemeriksaan langkah-langkah jawaban dalam proses menyelesaikan masalah (4) penghargaan kelompok yaitu memberi sertifikat setiap akhir kuis kepada masing-masing kelompok dengan 3 jenis kategori kelompok yaitu baik hebat dan super supaya setiap kelompok mengetahui tingkat keberhasilan sehingga menggiring siswa untuk terus meningkatkan hasil belajarnya. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Peningkatan dapat dilihat dari presentase siswa yang telah memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan SKBM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Pada siklus I presentase siswa yang nilainya memenuhi SKBM adalah 48% dari 27 siswa yang mengikuti tes dengan rata-rata nilai kelas 65 1 sedangkan pada siklus II siswa yang nilainya memenuhi SKBM meningkat yaitu dengan presentase 85% dari 27 siswa yang mengikuti tes dengan rata-rata nilai kelas 79 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item