Palupi, Elis Widyo (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas IX SMP / Elis Widyo Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Palupi Elis Widyo. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Barisan dan Deret untuk Kelas IX SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudirman M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Terbimbing Barisan dan Deret Lembar kerja siswa merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu materi. Idealnya LKS dapat membimbing siswa menemukan konsep tertentu sehingga siswa dapat mengingat materi yang disampaikan dalam waktu yang lama. Namun LKS yang diberikan kepada siswa selama ini hanyalah berisi ringkasan materi contoh soal dan latihan soal. Kelemahannya siswa kurang memahami konsep dengan baik dan kesulitan mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh soal. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS yang dapat mengatasi masalah ini dengan metode tertentu. 12288 12288 12288 12288 LKS yang dikembangkan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret kelas IX SMP yang valid dan praktis. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. 12288 12288 12288 12288 Validasi dilakukan kepada satu validator ahli dan 2 validator praktisi. Uji coba pertama dilakukan kepada 12 siswa dan uji coba kedua dilakukan kepada 3 siswa kelas IX SMP. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil yaitu (1) persentasi kevalidan 79 69% dengan kriteria kevalidan valid dan (2) persentase kepraktisan 80 67% dengan kriteria kepraktisan praktis. Jadi dapat diseimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar matematika pada materi Barisan dan Deret baik di dalam kelas maupun sebagai bahan ajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15865 |
Actions (login required)
View Item |