Pengembangan lembar jkerja siswa bercirikan investigasi kelompok pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nur Fitriyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar jkerja siswa bercirikan investigasi kelompok pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nur Fitriyaningsih

Fitriyaningsih, Nur (2014) Pengembangan lembar jkerja siswa bercirikan investigasi kelompok pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nur Fitriyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyaningsih Nur. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bercirikan Investigasi Kelompok pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sudirman M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) investigasi kelompok luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pengamatan ketika melaksanakan PPL di SMP Negeri 1 Malang pada tahun 2013 sering dijumpai keluhan siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang membosankan karena banyak sekali rumus yang harus dihafalkan. Salah satu materi matematika SMP yang memuat beberapa rumus adalah luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Akan tetapi jika rumus-rumus yang terkait dengan materi tersebut dipelajari dengan cara hafalan tanpa mengetahui darimana asalnya maka siswa akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal apabila sudah lupa rumus. 12288 12288 12288 12288 Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menuntun siswa mengetahui darimana asal rumus yang terkait dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar adalah mengembangkan LKS bercirikan investigasi kelompok. Langkah-langkah model investigasi kelompok terdiri dari (1) tahap pemberian masalah (2) tahap eksplorasi (3) perencanaan penyelesaian (4) penyelesaian masalah (5) analisis kemajuan dan (6) evaluasi atau recycle activities. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan LKS bercirikan investigasi kelompok pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII yang valid dan praktis. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan LKS ini mengadaptasi model pengembangan Research and Development (R D) dari Sugiyono (2012) dan dimodifikasi lebih lanjut. Langkah-langkah pengembangan LKS ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) produksi produk. LKS hasil pengembangan ini divalidasi oleh dua validator yaitu satu dosen jurusan matematika Universitas Negeri Malang dan satu guru matematika SMP Negeri 1 Malang. Selain itu LKS diujicobakan 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data hasil pengisian lembar validasi oleh kedua validator LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata semua aspek sebesar 3 41. Sementara itu berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa oleh subjek uji coba LKS yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3 40. Akan tetapi pengembang tetap melakukan sedikit revisi berdasarkan komentar atau saran validator dan subjek uji coba serta mengacu pada analisis hasil pengerjaan LKS oleh subjek uji coba. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan praktis. 12288 12288 12288 12288 LKS hasil pengembangan ini diharapkan dapat diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas VIII SMP secara luas tidak hanya terbatas pada kelompok kecil. Selain itu pengembangan LKS bercirikan investigasi kelompok ini hanya terbatas pada luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar sehingga diharapkan adanya pengembangan LKS bercirikan investigasi kelompok untuk materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15864

Actions (login required)

View Item View Item