Pengembangan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel siswa SMP kelas VII / Amaliyah Achidatul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel siswa SMP kelas VII / Amaliyah Achidatul Islamiyah

Islamiyah, Amaliyah Achidatul (2014) Pengembangan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel siswa SMP kelas VII / Amaliyah Achidatul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islamiyah Amaliyah Achidatul. 2014. Pengembangan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. Kata Kunci Puzzle Kemampuan Persamaan Linear Satu Variabel 12288 12288 12288 Kemampuan siswa dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel masih kurang. Hal tersebut didasarkan pada hasil tes kemampuan pada materi persamaan linear satu variabel yang peneliti berikan kepada beberapa siswa kelas VII dan VIII di beberapa sekolah di kabupaten Malang terdapat banyak siswa yang mendapatkan nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah mereka. Berdasarkan hasil angket yang juga peneliti berikan hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran matematika yang dikenal sebagai pembelajaran yang membosankan dan membuat siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Sehingga kemampuan yang mereka dapatkan kurang maksimal terutama kemampuan dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk mengembangkan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Permainan puzzle tersebut adalah suatu aktivitas menyenangkan dan berisi aturan-aturan untuk menyusun kartu-kartu puzzle yang memuat persamaan dan selesaian dari persamaan yang lain. 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel siswa SMP kelas VII. Pengembangan permainan puzzle ini memodifikasi model pengembangan Research and Development (R D) yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) produk yang dihasilkan. Uji kevalidan dilakukan oleh seorang validator ahli dan seorang validator praktisi. Uji peningkatan kemampuan dan uji keefektifan dilakukan oleh 13 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kepanjen yang dipilih sebagai subjek uji coba dengan kriteria yang telah ditentukan. 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai kevalidan permainan puzzle sebesar 3.08 dengan kriteria valid nilai kevalidan lembar soal pre-test 1 post-test 1 pre-test 2 post-test 2 pre-test 3 dan post-test 3 secara berturut-turut sebesar 3.34 3.36 3.29 3.31 3.37 dan 3.36 masing-masing dengan kriteria valid. Besar peningkatan kemampuan siswa selama pembelajaran menggunakan permainan puzzle adalah 6% dan besar peningkatan kemampuan siswa setelah pembelajaran menggunakan permainan puzzle adalah 22%. Berdasarkan uji keefektifan permainan puzzle dapat dikatakan efektif dengan besar keefektifan 94.08. Secara keseluruhan permainan puzzle dapat dikatakan valid dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel dan efektif sebagai permainan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item