Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang / Fimmatur Rizka Ardina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang / Fimmatur Rizka Ardina

Ardina, Fimmatur Rizka (2014) Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang / Fimmatur Rizka Ardina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardina Fimmatur Rizka. 2014. Penerapan Model Student Team Achievement Divison (STAD) dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci REACT STAD Pemahaman Siswa Teorema Pythagoras Berdasarkan observasi dan wawancara awal yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Malang diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Hal ini membuat siswa cenderung pasif di dalam kelas. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah model Student Team Achievement Divison (STAD) dengan strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring). Penelitian ini mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model Student Team Achievement Divison (STAD) dengan strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) yang dapat meningkatkan pemahaman Teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammdiyah 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes siklus. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai tes siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah yaitu pada siklus I sebesar 80 % dan pada siklus II sebesar 88% siswa kelas VIII C memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan hasil refleksi siklus I peneliti memutuskan untuk melanjutkan penelitian siklus II sebagai siklus perbaikan. Penelitian siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan karena rata-rata hasil observasi aktivitas siswa telah memperoleh persentase 87 % dan data hasil tes tulis menunjukkan peningkatan sehingga persentase menjadi 88 % siswa kelas VIII C memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan strategi REACT dengan setting Student Team Achievement Divison (STAD) yaitu 1) penyajian kelas guru me-review materi yang telah dipelajari dan menghubungkan (relating) dengan materi yang akan dipelajari dengan menggunakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari 2) diskusi kelas secara berkelompok (cooperating) siswa melakukan kegiatan yang ada dalam LKS (experiencing) dan mengaplikasikan hasil temuan untuk menyelesaikan permasalahan (applying) 3) kuis siswa menggunakan ilmu yang telah didapat untuk menyelesaikan masalah terkait materi (transferring) 4) skor kemajuan individual skor ini akan dijumlahkan dengan anggota kelompok lain dalam satu kelompok 5) pemberian reward guru memberikan reward untuk kelompok yang memperoleh jumlah skor kemajuan individual terbanyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item