Pembelajaran kooperatif think pair share menggunakan media kertas manila untuk memahamkan konsep kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Ismi Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif think pair share menggunakan media kertas manila untuk memahamkan konsep kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Ismi Hanifah

Hanifah, Ayu Ismi (2014) Pembelajaran kooperatif think pair share menggunakan media kertas manila untuk memahamkan konsep kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Ismi Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanifah Ayu Ismi. 2014. Penerapan Kooperatif Think Pair Share Menggunakan Media Kertas Manila Untuk Memahamkan Konsep Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata Kunci kooperatif Think Pair Share media memahamkan Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep kubus dan balok. Faktanya dari hasil tes masih banyak siswa yang belum memahami macam-macam bentuk jaring-jaring kubus dan balok. Selain itu dari observasi di kelas menunjukkan bahwa siswa terlihat merasa bosan dan tidak memperhatikan guru. Salah satu cara yang digunakan untuk memahamkan konsep suatu materi yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Pembelajaran kooperatif Think Pair Share merupakan suatu pembelajaran kooperatif melalui tiga tahap yaitu think (berpikir) pair (berpasangan) dan share (berbagi). Selain itu dengan mengkombinasikan pembelajaran kooperatif Think Pair Share menggunakan media dapat membantu mempermudah dalam memahamkan suatu konsep. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif Think Pair Share menggunakan media kertas manila untuk memahamkan konsep kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.Dalam penelitian ini siswa dapat dikatakan memahami konsep kubus dan balok apabila memenuhi kriteria (1) menyatakan ulang sebuah konsep (2) memberikan contoh dan non contoh dan (3) mengaplikasikan algoritma untuk pemecahan masalah.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Laboratorium UM dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-G semester genap tahun ajaran 2013/2014. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputihasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi hasil catatan lapangan dan hasil tes akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share menggunakan media kertas manila dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dalam penelitian ini pemahaman konsep siswa dilihat dari hasil tes akhir siklus. Dapat diketahui bahwa pemahaman konsep siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tes akhir pada siklus I ke siklus II dimana persentase hasil tes siklus I mencapai 76 19% dan siklus II mencapai 100%.Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 23 81%. 12288 12288 12288 12288 Selain itu hasil observasi aktivitas siswa dan guru dari siklus I ke siklus II meningkat. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 3 03 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II adalah 3 43 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I adalah 3 31 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II adalah 3 46 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item