Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numvbered Heads Together) materi lingkaran basi siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Ida Cahaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numvbered Heads Together) materi lingkaran basi siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Ida Cahaya

Cahaya, Ida (2014) Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numvbered Heads Together) materi lingkaran basi siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Ida Cahaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahaya Ida. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII-B SMPN 15 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Heads Together) Prestasi Belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan pada saat melaksanakan PPL dan juga melalui wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Matematika kelas VIII-B SMPN 15 Malang diperoleh informasi bahwa prestasi belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Proses pembelajaran matematika di SMPN 15 Malang sering menggunakan metode ekspositori dan pengerjaan soal secara individu. Siswa kurang terlatih untuk aktif belajar matematika. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak nilai tes siswa yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SMPN 15 Malang. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2014. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang. Data penelitian berupa prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa menunjukkan bahwa pada siklus I prosentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56 42% sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87 17%. Prestasi belajar siswa mengalami prosentase peningkatan sebesar 30 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-B SMPN 15 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15853

Actions (login required)

View Item View Item