Masita. Tiwi Nur (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Tiwi Nur Masita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masita Tiwi Nur. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc Kata Kunci problem solving STAD motivasi kemampuan memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving yang dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dianggap berhasil apabila memenuhi indikator keberhasilan yang ditunjukkan sebagai berikut. 1) Minimal lembar observasi motivasi siswa menunjukkan siswa dalam kategori termotivasi. 2) Minimal 75% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan 80. Pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving adalah suatu pembelajaran dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahapan problem solving yang diseting secara kooperatif tipe STAD. Siswa secara berkelompok akan memecahkan masalah dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) permasalahan di LKS diselesaikan menggunakan tahapan problem solving yaitu memahami masalah penyusunan rencana pelaksanaan rencana dan evaluasi. Guru mengevaluasi siswa secara individu dan memberikan rekognisi kepada kelompok dengan skor tertinggi. Skor kelompok diperoleh dari hasil evaluasi secara individu. Data penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa mengalami peningkatan. Motivasi siswa diukur menggunakan lembar observasi motivasi. Hasil observasi motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving menunjukkan siswa dalam kategori sangat termotivasi dan mengalami peningkatan sebesar 6.22%. Kemampuan memecahkan masalah siswa diukur dengan menggunakan tes setiap akhir siklus. Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 46 91%. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 8 Malang. Kendala yang masih dihadapi adalah pengelolaan waktu yang kurang baik dan kurangnya kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan. Dengan demikian disarankan bagi guru mata pelajaran metematika yang ingin menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving ini untuk lebih teliti dalam pembagian waktu dan memperhatikan pekerjaan siswa dalam penarikan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15852 |
Actions (login required)
View Item |