Pembelajaran strategi polya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang / Masrurotul Ainyah Haz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran strategi polya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang / Masrurotul Ainyah Haz

Haz, Masrurotul Ainyah (2014) Pembelajaran strategi polya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang / Masrurotul Ainyah Haz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haz Masrurotul Ainyah. 2014. Pembelajaran Strategi Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Soal Cerita Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas VIII H SMPN 20 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Strategi Polya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah soal cerita Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa siswa kelas VIII H SMPN 20 Malang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Ketuntasan klasikal kelas VIII H hanya mencapai 16 67%. Hal ini diakibatkan siswa tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melatih siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan mengunakan strategi Polya. Strategi Polya merupakan salah satu cara pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Polya. Polya mendaftar empat tahapan dalam memecahkan masalah yaitu memahami masalah menyusun rencana melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran strategi Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMPN 20 Malang dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII H semester genap tahun ajaran 2013/2014. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan dan 3) hasil tes akhir siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item