Pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang / Nur Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang / Nur Ali

Ali, Nur (2014) Pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang / Nur Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ali Nur. 2014. Pemberian Tugas Mandiri Pre-instructional pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Persamaan Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci pemahaman siswa STAD tugas mandiri pre-instructional 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara terhadap guru pengajar matematika kelas XI IPA SMAN 9 Malang pemahaman siswa pada konsep persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran perlu ditingkatkan. Permasalahan kurang optimalnya pemahaman siswa tersebut diakibatkan oleh kurang efektifnya pembelajaran di kelas. Sesuai dengan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA SMAN 9 Malang. Pembelajaran yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah penerapan pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Penelitian ini juga dilaksanakan secara partisipatif yang mana peneliti bertindak sebagai guru kelas. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi tes tulis catatan lapangan dan penilaian diri siswa. Penerapan pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) guru memberikan tugas mandiri pre-instructional sebelum pelaksanaan pembelajaran (2) guru meninjau ulang materi sebelumnya atau prasyarat dengan strategi tanya jawab (3) guru mengkomunikasikan tujuan dan aturan pembelajaran (4) menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang meliputi presentasi kelas diskusi kelompok dan kuis (5) guru meminta siswa menyimpulkan materi yang dipelajari dan (6) guru memberikan tugas mandiri pre-instructional untuk pembelajaran berikutnya. Tahap skor kemajuan individual dan penghargaan kelompok di laksanakan setelah dua kali pelaksanaan pembelajaran. Sesuai dengan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pemberian tugas mandiri pre-instructional pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 9 Malang yaitu tercapainya kriteria keberhasilan 75% pada siklus II. Selain itu peningkatan tersebut juga didukung oleh (1) hasil observasi aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 86% ke siklus II sebesar 89% (2) hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 84% ke siklus II sebesar 88% (3) meningkatnya tingkat pemahaman mayoritas siswa dari yang tergolong tinggi pada siklus I menjadi sangat tinggi pada siklus II (4) sebanyak 93 67% siswa menyatakan bahwa nilai mereka terhadap pemahaman persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran lebih dari atau sama dengan 78

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item