Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Prilyana Mukti Wirayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Prilyana Mukti Wirayanti

Wirayanti, Prilyana Mukti (2014) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Prilyana Mukti Wirayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Strategi REACT Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata kunci lembar kegiatan siswa strategi REACT keliling dan luas lingkaran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika di SMP Brawijaya Smart School Malang LKS yang digunakan saat ini masih berupa ringkasan materi dan latihan-latihan soal sehingga LKS hanya digunakan untuk latihan soal saja. Pada LKS yang digunakan terdapat konsep-konsep yang sudah jadi yaitu berupa rumus keliling dan luas lingkaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengkonstruk dan menggunakan pengetahuan dalam matematika adalah strategi REACT. 12288 12288 12288 12288 Strategi REACT terdiri dari Relating (menghubungkan) Experiencing (mengalami) Applying (menerapkan) Cooperating (bekerja sama) dan Transferring (mentransfer). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT adalah lembar kegiatan siswa yang menggunakan strategi REACT sehingga terdapat kegiatan Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring dalam lembar kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini menggunakan tahap-tahap model pengembangan Thiagarajan. Model Thiagarajan terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap pendefinisian (define) (2) tahap perancangan (design) (3) tahap pengembangan (develop) dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Namun pelaksanaan penelitian dan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini hanya sampai pada tahap ketiga. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi LKS oleh dosen dan guru LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata persentase 95% dan RPP dinyatakan valid dengan rata-rata persentase 95%. Untuk uji kepraktisan diperoleh bahwa LKS yang dikembangkan praktis dengan rata-rata persentase 85% sedangkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa setiap siswa memperoleh nilai evaluasi lebih dari atau sama dengan 75 yang merupakan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga LKS yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15846

Actions (login required)

View Item View Item