Studi tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan analisis kesalahan Newman / Rendi Lusbiantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan analisis kesalahan Newman / Rendi Lusbiantoro

Lusbiantoro, Rendi (2014) Studi tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan analisis kesalahan Newman / Rendi Lusbiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi tentang Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sisworo M. Si. Kata kunci Kesalahan Siswa Permasalahan Matematika Soal Cerita Analisis Kesalahan Newman 12288 12288 12288 12288 Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkenaan dengan materi pembelajaran. Faktanya rata-rata kemampuan siswa di Indonesia dalam penalaran terhadap soal-soal nonrutin hanya menempati urutan ke-34 dari 38 negara. Salah satu bentuk soal nonrutin adalah soal cerita yang menuntut penyelesaian yang membutuhkan tingkat penalaran lebih lanjut. Soal matematika dalam bentuk cerita memberikan gambaran yang nyata mengenai permasalahan kehidupan yang sebenarnya. Ada banyak kemungkinan atas fakta tersebut yang menyebabkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama soal cerita tentang kehidupan sehari-hari masih rendah. Dengan mengetahui letak kesalahan dan penyebabnya akan sangat membantu guru untuk mengatasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam problem solving. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. 12288 12288 12288 12288 Salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa adalah metode Analisis Kesalahan Newman. Metode ini diperkenalkan oleh Anne Newman (1977) dengan mencakup 5 aspek yaitu (1) membaca masalah (reading) (2) pemahaman (comprehension) (3) tranformasi (transformation) (4) keterampilan proses (process skill) (5) Penulisan jawaban akhir (encoding). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pada tahap mana dalam Analisis Kesalahan Newman siswa melakukan kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Selain itu juga akan dilakukan komparasi antar siswa dari 2 sekolah dengan SKM yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa dari masing-masing sekolah. Sekolah yang menjadi objek penelitian adalah SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 1 Selorejo. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara terhadap siswa yang telah dipilih secara acak. Kegiatan analisis dilakukan dengan menelaah data dan menentukan apakah siswa melakukan kesalahan dan tahap mana siswa melakukan kesalahan. Penyebab siswa melakukan kesalahan secara lebih detail diketahui dari hasil wawancara. Selanjutnya dari hasil analisis tersebut dilakukan komparasi secara deskriptif dan numerik dari 2 sekolah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 40 5% siswa melakukan kesalahan tahap pemahaman 48% siswa melakukan kesalahan tahap transformasi 63% siswa melakukan kesalahan tahap keterampilan proses dan 71% siswa melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Penyebab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item