Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan modek pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII / Juliet Natasian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan modek pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII / Juliet Natasian

Natasian, Juliet (2014) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan modek pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII / Juliet Natasian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Natasian Juliet. 2013. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. RPP merupakan komponen penting dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional. Tugas guru yang paling utama terkait dengan RPP berbasis KTSP adalah menjabarkan silabus ke dalam RPP yang lebih operasional dan rinci serta siap dijadikan pedoman atau skenario dalam pembelajaran. Dalam pengembangan RPP guru diberi kebebasan untuk mengubah memodifikasi dan menyesuaikan silabus dengan kondisi sekolah dan daerah serta dengan karakteristik peserta didik. Hal ini harus dipahami dan dilakukan guru terutama kalau sekolah tempatnya mengajar tidak mengembangkan silabus sendiri tetapi menggunakan silabus yang dikembangkan oleh Depdiknas atau silabus dari sekolah lain. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif diartikan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4-6 orang dengan struktur kelompoknya bersifat heterogen yaitu satu kelompok teridri dari siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah. pembelajaran kooperatif juga lebih difokuskan dalam kelompok dari pada individu. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini juga menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Model pembelajaran Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan saling menerima antara satu dengan yang lainnya. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). SPLDV adalah suatu sistem persamaan yang terdiri dari dua buah persamaan linear dengan dua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item