Meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang / Emma Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang / Emma Setyowati

Setyowati, Emma (2014) Meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang / Emma Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyowati Emma. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abadyo M.Si. Kata kunci tipe TAI hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru matematika kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang seringkali menerapkan metode ceramah dan penugasan. Guru menjelaskan kemudian siswa mencatat guru memberi tugas dan siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru sehingga hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dikembangkan oleh Slavin yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Malang sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian 39 siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang tahun 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai kuis sebelum tindakan adalah 65.21 menjadi 70.11 pada siklus I dan 78.52 pada siklus II. Sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 9 Malang yang dilaksanakan melalui 8 komponen yaitu teams placement test teaching group student creative team study whole class unit facts test dan team scores and team recognition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item