Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa dengan pendekatan penemuan terbimbing pada pkok bahasan logaritma untuk siswa SMA kelas X / Wahyu Kusumawardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa dengan pendekatan penemuan terbimbing pada pkok bahasan logaritma untuk siswa SMA kelas X / Wahyu Kusumawardana

Kusumawardana, Wahyu (2014) Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa dengan pendekatan penemuan terbimbing pada pkok bahasan logaritma untuk siswa SMA kelas X / Wahyu Kusumawardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumawardana Wahyu. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Logaritma untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Dra. Ety Tejo D.C. M.Pd Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa penemuan terbimbing logaritma Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas X SMA Negeri di daerah kabupaten Malang menyatakan bahwa logaritma merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit. Banyak siswa yang kurang memahami materi tersebut karena guru memberikan konsep pada materi logaritma dengan diberikan secara langsung. Sumber belajar yang sering digunakan dalam belajar mengajar hanya berisi materi dan soal-soal rutin sehingga tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya sendiri. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). LKS memiliki kelebihan untuk melatih peserta didik dalam menentukan dan mengembangkan keterampilan proses. Agar lebih memunculkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar diperlukan suatu metode pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing dapat melatih siswa untuk belajar secara terarah dan terkonsep. Dengan demikian tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS pada materi logaritma dengan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penilaian validator yang terdiri dari satu dosen dan dua guru pada setiap aspek lembar validasi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dikategorikan valid. Sementara itu hasil uji coba pada kelompok kecil yaitu enam orang siswa diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan menarik dan peserta didik dapat mengerjakan LKS pada bagian soal evaluasi dengan memenuhi Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan. Oleh karena itu LKS materi logaritma dengan metode penemuan terbimbing ini dapat dikatakan valid. Dari uraian di atas pengembangan LKS ini mendapat beberapa saran dari validarot dan siswa sehingga dapat digunakan dalam proses perbaikan agar lebih layak digunakan saat kegiatan pembelajaran. Diharapkan dengan produk akhir tersebut kegiatan pembelajaran materi logaritma lebih menyenangkan dan dapat menjadi referensi guru dalam mengembangkan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item