Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan metode think pair share bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tumpang / Shinta Agistya Kusmartiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan metode think pair share bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tumpang / Shinta Agistya Kusmartiningrum

Kusmartiningrum, Shinta Agistya (2014) Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan metode think pair share bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tumpang / Shinta Agistya Kusmartiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusmartiningrum Shinta Agistya. 2013. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Think Pair Share Bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Tumpang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dwiyana M.Pd Kata Kunci prestasi belajar think pair share metode. Prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tumpang tergolong rendah. Hal itu dibuktikan dengan rata-rata nilai UTS sebelum penelitian dilaksanakan yang masih di bawah KKM. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah proses pembelajaran yang kurang optimal. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena alasan itulah peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran TPS. Perbedaan metode TPS pada penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penggunaan media nyata sehingga siswa bisa langsung mempraktekkan apa yang mereka pelajari. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila memenuhi dua kriteria yaitu nilai rata-rata kelas melebihi KKM dan banyaknya siswa yang nilainya melebihi KKM meningkat dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Think Pair Share pada materi bangun ruang sisi datar yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tumpang. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Think Pair Share pada materi bangun ruang sisi datar pada siswa SMP Negeri 2 Tumpang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud menggambarkan kejadian selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan pembelajaran Matematika dengan metode Think Pair Share. Pada tahap think guru memberikan permasalahan yang dikerjakan secara individu oleh siswa. Permasalahan yang diberikan dalam bentuk LKS yang disertai dengan media nyata. Kemudian tahap pair siswa berkelompok/berpasangan untuk mendiskusikan hasil yang telah didapat pada tahap sebelumnya.Pada tahap share secara acak beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya yang kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15830

Actions (login required)

View Item View Item