Leisubun, Armin Ismail (2014) Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII yang mengacu pada masalah realistik / Leisubun, Armin Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Leisubun Armin Ismail. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Siswa SMP Kelas VIII Yang Mengacu Pada Masalah Realistik. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci Pengembangan LKS Lingkaran Kelas VIII mengacu pada masalah realistik. LKS merupakan suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara khusus dan jelas. Adapun tujuan pengembangan LKS yang dilakukan penulis adalah untuk menghasilkan LKS pembelajaran khusus pokok bahasan lingkaran Lembar Kerja Siswa dengan materi lingkaran yang dikembangkan ini berdasarkan kurikulum KTSP dan mengacu pada masalah Realistik. Materi lingkaran ini merupakan salah satu bahan kajian siswa SMP kelas VIII semester 2. LKS ini terdiri dari dua unit kegiatan yaitu (1) Mengenal Lingkaran dan Bagian-Bagiannya (2) Menghitung Besaran-Besaran Pada Lingkaran. Masing-masing unit memuat kegiatan belajar yang akan mengantarkan siswa dalam memahami konsep Lingkaran. Untuk meningkatkan kualitas LKS penulis melakukan validasi isi. Pada validasi ini diperoleh penilaian komentar dan saran dari validator LKS. Penilaian komentar dan saran tersebut digunakan sebagai bahan revisi LKS selanjutnya. Pada validasi ini melibatkan satu validator yaitu satu dosen matematika Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Berdasarkan data penilaian hasil validasi diperoleh bahwa LKS pembelajaran yang dikembangkan adalah valid. Akan tetapi revisi terhadap LKS masih dalam tahap dilakukan sesuai dengan komentar dan saran dari validator. Kelebihan dari LKS yang dikembangkan yaitu materi yang disajikan sesuai dengan kurikulum KTSP dan Kegiatan belajar yang disajikan bersifat realistik sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan pembelajaran matematika oleh siswa lebih bermakna. Adapun kelemahannya yaitu LKS ini belum diujicobakan kepada siswa. Dengan demikian disarankan bagi pengembang selanjutnya untuk mengujicobakan LKS ini atau LKS yang dikembangkannya kepada siswa. Walaupun demikian LKS ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dan dapat dimodifikasi sesuai dengan permintaan dan kondisi sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15828 |
Actions (login required)
View Item |