Rancangan pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Iva Nurmawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancangan pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Iva Nurmawanti

Nurmawanti, Iva (2014) Rancangan pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Iva Nurmawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurmawanti Iva. 2013. Rancangan Pembelajaran Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai dengan Pendekatan Scientific Model Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. Kata kunci rancangan pembelajaran pendekatan scientific model penemuan terbimbing. Rancangan pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang dikembangkan untuk menghasilkan perencanaan pembelajaran yang baik. Rancangan pembelajaran yang tidak baik akan menghasilkan perencanaan pembelajaran yang tidak baik pula. Sehingga hal tersebut akan megakibatkan atau menghasilkan pembelajaran yang tidak baik tidak efisien dan kurang motivasi yang pada gilirannya berdampak sangat serius untuk jangka waktu yang lama. Pendekatan yang digunakan dalam untuk menghasilkan pembelajaran yang baik adalah pendekatan scientific.Pendekatan tersebut merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk mendukung terlaksanya pembelajaran dengan pendekatan scientific model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model penemuan terbimbing. Metode yang digunakan dalam mengembangakan rancangan pembelajaran ini adalah metode Research and Development (R D). Metode tersebut dimodifikasi sehingga tahapan-tahapan dalam pengembangan rancangan pembelajaran ini adalah menentukan potensi dan masalah mengumpulkan informasi mendesain rancangan pembelajaran melakukan validasi rancangan pembelajaran revisi melakukan uji coba kelompok kecil revisi produksi draf akhir rancangan pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi oleh tiga validator satu validator ahli yaitu dosen matematika UM dan dua validator praktisi yaitu guru matematika SMP. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator diperoleh tingkat kevalidan rancangan pembelajaran yaitu RPP sebesar 97 395% dan LKS sebesar 99 275%. Berdasarkan hasil tersebut maka rancangan pembelajaran yang dikembangakan memiliki kriteria sangat valid. Rancangan pembelajaran yang sudah valid kemudian diujicobakan pada kelompok kecil untuk melihat keterlaksanaan rancangan pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil bahwa rancangan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan. Berdasarkan tanggapan siswa dapat disimpulkan pembelajaran dapat memotivasi belajar siswa membantu siswa memahami materi yang dipelajari dengan baik dan menjadikan siswa mandiri. Berdasarkan perolehan skor kuis 10 siswa pada pertemuan I 100% siswa mendapatkan nilai 70 sedangkan pada pertemuan II 90% siswa mendapatkan nilai 8805 70 dan 10 % siswa mendapatkan nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item View Item