Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Hikmatul Faizah Muyassaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Hikmatul Faizah Muyassaroh

Muyassaroh, Hikmatul Faizah (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Hikmatul Faizah Muyassaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muyassaroh Hikmatul Faizah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 20 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Askury M.Pd Kata Kunci kooperatif Teams Games Tournament (TGT) prestasi belajar Berlatar belakang rendahnya prestasi belajar siswa yang diketahui oleh peneliti saat melakukan PPL membuat peneliti bermaksud untuk mengadakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran TGT yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 20 Malang pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII C di SMPN 20 Malang semester gasal Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2013. Lokasi penelitian adalah di SMPN 20 Malang yang beralamatkan di Jalan Raden Tumenggung Suryo 38 Malang. Jenis penelitian ini adalah PTK dimana data yang ada berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis melalui tiga tahap yaitu mereduksi data menyajikan data dan memverifikasi data. Sedangkan data kuantitatif dihitung menggunakan persentase. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti saat menggunakan model TGT mengacu pada Kahfi (2011 4) yaitu adalah (a) mengajar guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari secara global (b) belajar kelompok guru membagi siswa menjadi 9 kelompok heterogen dan siswa mengerjakan LKS yang telah dibagikan oleh guru (c) turnamen guru membagi siswa menjadi 9 kelompok homogen untuk mengerjakan kartu soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda yang telah dibagikan oleh guru pada setiap meja (d) penghargaan kelas penghargaan diberikan kepada kelompok yang mengumpulkan skor tertinggi dan (e) refleksi siswa secara individu diminta untuk mengerjakan tes individu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I persentase nilai belajar klasikal siswa sebesar 72%. Sedangkan persentase nilai yang ditetapkan adalah 75% sehingga belum memenuhi kriteria keberhasilan. Pada siklus II setelah dilakukan tindakan persentase nilai belajar klasikal siswa meningkat menjadi 89% sehingga kriteria keberhasilan telah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item