Problem Based Learning menggunakan mind mapping pada materi peluang sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Verra Selviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Problem Based Learning menggunakan mind mapping pada materi peluang sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Verra Selviana

Selviana, Verra (2014) Problem Based Learning menggunakan mind mapping pada materi peluang sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Verra Selviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selviana Verra. 2013. Problem Based Learning Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Mind Mapping Berpikir Kritis 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal pada tanggal 3 September 2013 dan 9 September 2013 serta wawancara kepada guru pengajar matematika kelas XI IPS 3 yang telah mengajar selama kurang lebih 5 tahun di SMA Negeri 9 Malang diketahui bahwa siswa IPS cenderung tidak kritis yang ditandai mereka enggan untuk berpendapat dan bertanya apabila mereka belum paham dengan materi yang diterangkan. Selain itu ketika mereka ditanya tentang materi sebelumnya mereka sudah lupa dan guru harus mengulanginya lagi. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang menuntut siswa berpikir kritis dan memudahkan siswa mengingat materi. Model pembelajaran yang diterapkan adalah problem based learning (PBL) menggunakan mind mapping. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dimaksudkan mendeskripsikan tentang langkah-langkah problem based learning menggunakan mind mapping yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 9 Malang pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Problem based learning menggunakan mind mapping pada materi peluang yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu (1) fase 1 orientasi siswa pada masalah yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran menjelaskan logistik yang diperlukan dan memotivasi siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah serta apersepsi materi sebelumnya (2) fase 2 mengorganisasi siswa untuk belajar yaitu membagi siswa dalam 6 kelompok heterogen yang masing-masing kelompok terdiri 5-4 orang untuk mendiskusikan LKS yang diberikan (3) fase 3 membimbing pengalaman individual/ kelompok yaitu membantu siswa menggunakan pertanyaan pancingan dalam kelompok kecil untuk memecahkan masalah di LKS dengan karakteristik mind mapping (4) fase 4 mengembangkan dan menyajikan hasil karya yaitu siswa menyajikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok lain yang menanggapi dan bertanya (5) fase 5 menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yaitu membantu siswa untuk memberi penguatan. Data penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase penilaian berpikir kritis dari siklus I yaitu 38% dari siswa kelas XI IPS 3 memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik dan pada siklus II yaitu 85% dari siswa kelas XI IPS 3 memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik . Serta nilai tes akhir yang didapat pada siklus I yaitu 65% dari siswa kelas XI IPS-3 memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 dan pada siklus II yaitu 76% dari siswa kelas XI IPS-3 memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item View Item