Pengembangan lembar kerja siswa pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Firmansyah

Firmansyah (2014) Pengembangan lembar kerja siswa pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firmansyah. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Trigonometri untuk Siswa SMA/MA dengan Metode Penemuan Terbimbing. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Nengah Parta S. Pd M. Si Kata kunci LKS penemuan terbimbing trigonometri 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam kenyataan di lapangan menunjukkan banyak siswa disetiap jenjang menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menjadi momok bagi para siswa terutama disaat ujian sekolah. Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan pada beberapa guru matematika kelas X trigonometri adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa dalam mata pelajaran matematika. Menurut beberapa siswa trigonometri sebenarnya hanya memiliki beberapa rumus untuk diingat namun penerapannya sangat sulit dan membuat sebagian besar siswa bingung. Bahan ajar dapat membimbing siswa untuk dapat mengasah pemahamannya secara mandiri dan dikemas dengan tampilan yang menarik bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam hal ini lembar kerja siswa merupakan bahan ajar yang tepat digunakan dalam pembelajaran siswa. Penggunaan lembar kerja siswa dalam proses belajar mengajar dapat memberikan peluang yang lebih besar kepada siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi trigonometri. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing dapat melatih siswa untuk belajar secara mandiri. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS pada materi trigonometri dengan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penilaian validator yang terdiri dari satu dosen pada setiap aspek lembar validasi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kriteria valid dan layak untuk digunakan. Oleh karena itu LKS materi trigonometri dengan metode penemuan terbimbing pada pengembangan ini terbukti valid. Berdasarkan hasil di atas pengembangan LKS ini mendapat beberapa saran dari validator yang dapat digunakan dalam proses perbaikan agar lebih layak digunakan saat kegiatan pembelajaran. Diharapkan dengan produk akhir tersebut kegiatan pembelajaran materi trigonometri lebih menyenangkan dan dapat menjadi referensi untuk para guru dalam mengembangkan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15819

Actions (login required)

View Item View Item