Pengembangan modul pembelajaran limit fungsi untuk kelas XI semester genap SMA Laboratorium UM / Ilham Ulath - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran limit fungsi untuk kelas XI semester genap SMA Laboratorium UM / Ilham Ulath

Ulath, Ilham (2014) Pengembangan modul pembelajaran limit fungsi untuk kelas XI semester genap SMA Laboratorium UM / Ilham Ulath. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulath Ilham. 2013.Pengembangan Modul Pembelajaran Limit Fungsi untuk Kelas XI Semester Genap SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Qohar MT. Kata Kunci Modul Pembelajaran Limit Fungsi Kelas XI Matematika merupakan ilmu dasar yang memiliki peranan penting dalam proses kehidupan manusia. Hal ini menuntut guru sebagai pembimbing dan pengajar untuk mengupayakan sedapat mungkin agar konsep-konsep yang abstrak tersebut dapat diterima dan dipahami dengan mudah tanpa menimbulkan perasaan bosan dan jenuh. Untuk itulah dipilih strategi pembelajaran yang menitik beratkan perhatian terhadap pengajaran individual dan kepercayaan akan kemampuan individu untuk belajar sendiri yaitu dengan sistem pengajaran modul. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan disain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul berfungsi sebagai sarana belajar yang bersifat mandiri sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan masing-masing. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan Limit Fungsi untuk kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yang valid. Validasi isi modul meliputi 3 aspek penilaian yaitu aspek materi aspek penyajian dan aspek bahasa modul. Masing-masing aspek terdiri dari beberapa kategori pada tujuan penggunaan modul sesuai dengan pendapat Suryobroto(1983 18-19). Pada penulisan skripsi ini peneliti menggunakan metode pengembangan untuk menyusun modul yang valid dengan beberapa tahap penyusunan. Adapun tahap-tahap penyusunan modul antara lain (1) mengkaji referensi (2) penyusunan modul (3) validasi (4) menganalisis data dan revisi. Hasil pengembang menyusun modul yang valid sesuai dengan definisi modul yang valid yaitu modul yang sesuai dengan kompetensi yang menjadi target belajar dan dinyatakan valid oleh validator. Meskipun secara keseluruhan modul yang disusun memiliki prosentase 76 5% artinya valid dan tidak perlu direvisi namun jika dilihat dari masing-masing aspek ada beberapa kategori dari aspek modul yang perlu direvisi. Penguji Utama Penguji I Penguji II 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item View Item