Pengembangan buku saku untuk siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran yang kontekstual dan praktis / Setya Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku untuk siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran yang kontekstual dan praktis / Setya Widodo

Widodo, Setya (2013) Pengembangan buku saku untuk siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran yang kontekstual dan praktis / Setya Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widodo Setya. 2013. Pengembangan Buku Saku Untuk Siswa Kelas VIII Pada Materi Garis Singgung Lingkaran yang Kontekstual dan Praktis. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata Kunci Buku Saku Kontekstual Garis Singgung Lingkaran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di salah satu SMPN di Malang saat menempuh mata kuliah PPL ketika mengajar materi garis singgung lingkaran ternyata banyak siswa yang belum memahami konsep-konsep teorema Pythagoras. Tetapi siswa tetap dipaksakan untuk menerima pelajaran. Padahal materi garis singgung dengan materi Pythagoras sangat berhubungan sehingga diperlukan suatu media yang dapat mendukung siswa agar bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan ini adalah membuat buku saku yang berisi materi garis singgung lingkaran yang bisa digunakan siswa untuk belajar di dalam maupun di luar jam sekolah. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan buku saku ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi 1) konsep 2) analisis 3) desain 4) pembuatan 5) evaluasi 6) uji coba dan 7) revisi. Buku saku hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika SMA. Setelah itu buku saku diujicobakan kepada 6 siswa kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba kepada subyek uji coba yaitu validasi ahli diperoleh persentase aspek kontekstual 83% dan aspek praktis 86% dan angket penilaian oleh siswa (kelompok kecil) diperoleh persentase 86%. Hasil persentase masing-masing aspek telah memenuhi standar kevalidan yang ditentukan yaitu 70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kontekstual dan praktis. Jadi berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan hasil validasi ahli buku saku yang dikembangkan dapat dinyatakan valid. . Saran untuk pengembangan buku saku selanjutnya diharapkan mengembangkan buku saku yang kontekstual dan praktis pada materi lainnya dan juga diharapkan mengembangkan buku saku dengan tambahan aspek efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15816

Actions (login required)

View Item View Item