Nuzula, Elvira Firdausi (2013) Pengembangan buku saku volume kubus, balok, dan limas sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP / Elvira Firdausi Nuzula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Firdausi Nuzula Elvira. 2013. Pengembangan Buku Saku Volume Kubus Balok dan Limas sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP. Skripsi Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A . Kata Kunci buku saku media pembelajaran volume kubus balok dan limas 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika SMP berupa buku saku dengan materi volume bangun ruang. Karakteristik buku saku ini antara lain dibuat dalam bentuk kecil yang dapat disimpan di saku baju atau celana sehingga dapat dibawa ke mana-mana dan dapat dibaca setiap saat. Berisi materi lengkap kumpulan soal (UAS UN dan OSN) serta latihan soal mandiri tentang volume kubus balok dan limas dengan desain cover huruf dan warna yang menarik. 12288 12288 12288 12288 Model penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah model penelitian 4-D oleh Thiagarajan yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Tahap Define dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan yang ada di lapangan untuk membantu pengembangan. Kemudian dilanjutkan dengan pendefinisian produk yang dikembangkan yaitu buku saku siswa. Tahap Design dilakukan dengan merancang bentuk dasar dari produk yang akan dikembangkan. Sedangkan tahap Develop dilakukan dengan validasi dan uji coba produk untuk memperoleh produk yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 Hasil validasi dan uji coba di lapangan menunjukkan respon yang positif. Sehingga buku saku siswa yang dihasilkan dapat digunakan di tingkat SMP dengan materi volume bangun ruang di kelas VIII. Karena uji coba yang dilakukan dalam pengembangan ini masih pada kelompok kecil maka para calon guru dapat melanjutkan penelitian ini hingga tahap Disseminate dan uji coba di kelas sebenarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |