Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation pada materi relasi dan fungsi / Furintasari Setya Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation pada materi relasi dan fungsi / Furintasari Setya Astuti

Astuti, Furintasari Setya (2013) Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation pada materi relasi dan fungsi / Furintasari Setya Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Furintasari Setya. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Model Group Investigation pada Materi Relasi dan Fungsi. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M. Pd Kata Kunci LKS group investigation relasi dan fungsi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII MTs Negeri 1 Paron ternyata isi LKS yang digunakan masih berupa rangkuman materi contoh soal dan latihan soal. Latihan soal cenderung memiliki tipe yang sama dari soal sebelumnya bahkan ada yang mengulang soal sebelumnya. Hal ini diakui sendiri oleh siswa sehingga LKS yang digunakan menjadi sangat membosankan jika harus menyelesaikan soal yang diberikan. Beberapa siswa juga mengatakan kurang memahami maksud materi dan soal-soal yang disajikan dan terkadang malas mengerjakan seluruh latihan karena salah satu alasannya penyajian LKS yang monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan lembar kerja siswa yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Lembar kerja yang dikembangkan tentu saja yang dapat membuat siswa mudah untuk memahami suatu materi. Salah satu contohnya adalah materi relasi dan fungsi. Siswa mengalami kesulitan dalam hal perbedaan relasi dan fungsi. Salah satu cara yang dapat digunakan menggunakan model group investigation. Siswa diminta menyelidiki konsep relasi dan fungsi dengan cara mengumpulkan informasi yang ada disekitar kemudian menganalisis dan menyimpulkan hasil penyelidikan. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa menggunakan model group investigation pada materi relasi dan fungsi. Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal (2) pengembangan LKS (3) penulisan LKS dan (4) penilaian LKS. LKS hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika MTs Negeri 1 Paron. Setelah itu LKS diuji cobakan kepada 9 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Paron. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase sebesar 88% dan angket siswa diperoleh persentase sebesar 87%. Karena hasil validasi ahli dan angket siswa lebih dari atau sama dengan 75% maka lembar kerja yang dikembangkan dikatakan valid dan praktis. Selain itu berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil siswa dapat mengerjakan cek pemahaman yang diberikan dengan perolehan nilai yang telah memenuhi SKM yang ditentukan yaitu lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian berdasarkan hasil dari validasi ahli ii angket siswa dan uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi aspek valid praktis dan efektif. Lembar kerja siswa hasil pengembangan ini diharapkan dapat diterapkan pada proses pembelajaran di kelas VIII secara luas tidak hanya terbatas pada kelompok kecil. Karena lembar kerja hasil pengembangan ini terbatas pada materi relasi dan fungsi saja maka diharapkan adanya pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran group investigation pada materi lain. Selain itu pada lembar validasi belum mencakup keseluruhan penilaian LKS sehingga diharapkan pada pengembangan selanjutnya lembar validasi dapat mencakup keseluruhan penilaian LKS. Di samping itu penilaian keefektifan LKS hanya diukur menurut ketuntasan hasil belajar siswa sehingga diharapkan pada pengembangan selanjutnya penilaian keefektifan LKS juga menilai aktivitas siswa dan guru serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item View Item