Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar menggunakan masalah kontekstual untuk siswa kelas IX SMPN 15 Malang / Miftahur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar menggunakan masalah kontekstual untuk siswa kelas IX SMPN 15 Malang / Miftahur Rohmah

Rohmah, Miftahur (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar menggunakan masalah kontekstual untuk siswa kelas IX SMPN 15 Malang / Miftahur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmah Miftahur. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Bangun Datar Menggunakan Masalah Kontekstual Untuk Siswa Kelas IX SMPN 15 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Masalah Kontekstual Kesebangunan dan Kekongruenan. 12288 12288 12288 12288 Matematika merupakan pelajaran yang dirasa sulit dan abstrak oleh siswa. Sehingga pendekatan yang menggunakan masalah kontekstual yang mengaitkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan siswa akan mempermudah siswa mempelajari materi matematika dan menuntun siswa untuk menemukan suatu konsep dari hasil pemikirannya sendiri. Sehingga konsep tersebut dapat selalu diingat oleh siswa dan siswa dapat menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal (2) pengembangan rancangan LKS (3) penyusunan LKS dan (4) penilaian LKS. LKS divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika SMP. Setelah itu LKS diujicobakan kepada 6 siswa kelas IX SMP. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase aspek kontekstual 88% aspek praktis 86% dan aspek efektif 85%. Selain itu berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil siswa dapat mengerjakan seluruh LKS yang diberikan dengan perolehan rata-rata nilai 88. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dinyatakan valid karena telah memenuhi aspek kontektual praktis dan efektif serta telah disusun sesuai dengan kemampuan siswa. Saran untuk pengembangan LKS selanjutnya diharapkan mengembangkan LKS kontekstual pada materi lainnya. Selain itu diharapkan LKS hasil pengembangan ini diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15809

Actions (login required)

View Item View Item