Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen pada pokok bahasan turunan dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) / Denis Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen pada pokok bahasan turunan dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) / Denis Purnama Sari

Sari, Denis Purnama (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen pada pokok bahasan turunan dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) / Denis Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Denis Purnama. 2013. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA negeri 1 Turen pada pokok bahasan turunan dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnamen (TGT). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci Keaktifan hasil belajar peningkatan keaktifan peningkatan hasil belajar Team Game Turnamen (TGT). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas XI IPS 2 dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar masih berjalan satu arah dan kelas masih didominasi oleh beberapa siswa saja. Adanya proses belajar mengajar seperti ini menjadikan siswa kurang aktif dalam memahami konsep sehingga pemahaman konsep siswa tidak tercapai dan hasil belajar siswa rendah. Pada hasil belajar siswa materi sebelumnya terdapat 8 dari 34 siswa yang dapat mencapai SKBM. Untuk itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mampu mengkonstruksi pengetahuannya serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah Team Game Turnamen (TGT). Penelitian ini mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri I Turen pada materi turunan fungsi aljabar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT dilaksanakan melalui 5 tahap yaitu 1) presentasi kelas guru menjelaskan materi secara garis besar dan memberikan praktik terbimbing kepada siswa 2) tim membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan yang heterogen 3) game siswa mendiskusikan lembar kerja kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi 4) turnamen siswa dengan kemampuan sama disetiap meja turnamen mengerjakan soal kuis dan 5) penghargaan kelompok. Siklus I dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuanan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 terdapat 79 41% siswa yang keaktifanya termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian maka kelas XI IPS 2 dapat dikatakan aktif. Walaupun demikian hasil belajar siswa masih rendah. Dari 34 siswa hanya 29 42% siswa yang dapat mencapai nilai SKBM. Hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan karena keaktifan siswa yang kurang efektif siswa hanya aktif secara fisik tanpa melibatkan keaktifan mentalnya. Siklus II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat selama proses pembelajaran keaktifan semua siswa termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik sehingga kelas XI IPS 2 dapat dikatakan aktif. Dari 34 siswa terdapat 82 35% siswa yang medapat mencapai nilai SKBM. Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian maka proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus II dapat dikatakan berhasil dan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item