Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMA bilingual / Ferrina Dwi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMA bilingual / Ferrina Dwi Kurniasari

Kurniasari, Ferrina Dwi (2013) Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMA bilingual / Ferrina Dwi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniasari Ferrina Dwi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer pada Materi Ruang Dimensi Tiga untuk Siswa Kelas X SMA Bilingual. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci media pembelajaran berbantuan komputer ruang dimensi tiga. Salah satu mata pelajaran kelas X yaitu ruang dimensi tiga. Pada materi ini siswa diharapkan mempunyai kemampuan abstraksi ruang atau kemampuan membayangkan gambar keruangan. Dari fakta yang ada banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membayangkan gambar ruang dimensi tiga. Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Dengan metode konvensional ini siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui konsep sebenarnya. Faktor lain yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran atau fasilitas yang ada disekolah oleh guru. Padahal banyak manfaat yang didapat dari penggunaan media pembelajaran yaitu dapat membantu siswa memahami materi pelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif mengatasi kesulitan siswa dalam abstraksi ruang adalah media pembelajaran berbantuan komputer. Oleh karena itu penulis terdorong untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga yang valid dan efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan program atau software yang di dalamnya memuat materi ruang dimensi tiga untuk kelas X yang meliputi menentukan kedudukan dan jarak dalam ruang dimensi tiga. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk CD (compact disc) sehingga bisa digunakan sebagai pembelajaran mandiri dan kelompok baik di sekolah maupun diluar sekolah. Komponen media yang akan dikembangkan meliputi halaman judul petunjuk penggunaan media menu utama profil pengembang identitas siswa tujuan pembelajaran materi pelajaran ruang dimensi tiga latihan soal laporan ulangan penutup. Program yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah Macromedia Flash Professional 8. Pada pengembangan ini model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 langkah yaitu menentukan tujuan dan kebutuhan mengumpulkan bahan acuan mempelajari isi mengembangkan ide mendesain pembelajaran membuat bagan program membuat storyboard memprogram materi membuat materi pendukung melakukan evaluasi dan revisi. Pada langkah mengevaluasi dan merevisi dilakukan 4 tahapan yaitu (a) tahap validasi (b) tahap revisi I (c) tahap uji coba dan (d) tahap revisi II. Tahap pertama adalah tahap validasi yang melibatkan ahli media dan ahli materi. Setelah divalidasi maka dilakukan perbaikan (tahap revisi I) melalui penilaian komentar dan saran oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dilakukan revisi media pembelajaran yang dikembangkan akan diuji cobakan pada siswa (tahap uji coba). Setelah diuji cobakan pada siswa maka dilakukan perbaikan (tahap revisi II) jika diperlukan. Dari hasil validasi ahli baik validasi ahli materi maupun validasi ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran sudah valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan dari hasil penilaian siswa dan hasil belajar siswa menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah efektif dan layak digunakan. Bagi para pengembang berikutnya termasuk guru diharapkan mampu mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa sebagai alternatif pembelajaran di sekolah dan bagi siswa diharapkan media pembelajaran yang dikembangkan bisa digunakan sebagai pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item