Azimi, Siti Nurul (2013) Upaya meningkatkan tahap berpikir siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran melalui pembelajaran geometri Van-Hiele kelas VIII di MTs NW Lepak / Siti Nurul Azimi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Azimi Siti Nurul. 2013. Upaya Meningkatkan Tahap Berpikir Siswa Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran melalui Pembelajaran Geometri van-Hiele Kelas VIII di MTs NW Lepak. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci van-Hiele Tahap Berpikir Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII MTs NW Lepak materi tentang garis singgung persekutuan dua lingkaran sangat sulit dipahami siswa. Siswa kesulitan memahami rumus panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran bila disajikan dalam bentuk definisi formal. Pada umumnya siswa hanya menghafal saja rumus itu tanpa memahami makna dari rumus tersebut. Hasil wawancara dengan siswa ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membedakan rumus panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran dengan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran Geometri van-Hiele. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tahap berpikir siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran melalui pembelajaran Geometri van-Hiele kelas VIII MTs NW Lepak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC MTs NW Lepak sebanyak 15 siswa yang masih berada pada tahap berpikir visualisasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Peneliti menggunakan skor tes untuk mengetahui peningkatan tahap berpikir siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa yang berada pada tahap berpikir analisis adalah 46 6% atau sebanyak 7 siswa sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang berada pada tahap berpikir analisis adalah 93 3% atau sebanyak 14 siswa dengan skor rata-rata kelas naik dari 70 5 (untuk skor tes siklus I) menjadi 86 1 (untuk skor tes siklus II). Menurut indikator keberhasilan tahap berpikir siswa dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat skor minimal 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Geometri van-Hiele dapat meningkatkan tahap berpikir siswa dari tahap visualisasi ke tahap analisis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15805 |
Actions (login required)
View Item |