Penggunaan media cat air dalam memahamkan materi permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI SMAK Yos Sudarso Kepanjen dengan menggunakan pendekatan matematika realistik / Veronika Ratna Mursidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media cat air dalam memahamkan materi permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI SMAK Yos Sudarso Kepanjen dengan menggunakan pendekatan matematika realistik / Veronika Ratna Mursidi

Mursidi, Veronika Ratna (2013) Penggunaan media cat air dalam memahamkan materi permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI SMAK Yos Sudarso Kepanjen dengan menggunakan pendekatan matematika realistik / Veronika Ratna Mursidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mursidi Veronika Ratna. 2013. Penggunaan Media Cat Air dalam Memahamkan Materi Permutasi dan Kombinasi pada Siswa Kelas XI SMAK Yos Sudarso Kepanjen dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata kunci media cat air memahamkan materi permutasi dan kombinasi Realistic Mathematics Education 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMAK Yos Sudarso Kepanjen didapatkan sebagian besar siswa kelas XI IPA 1 masih belum memahami konsep permutasi dan kombinasi. Hal ini terlihat dari hasil tes awal siswa sebanyak 47 37% dari jumlah siswa masih melakukan kesalahan konseptual prosedural dan kalkulasi dan sebanyak 57 89% dari jumlah siswa tidak tuntas belajar atau memiliki nilai di bawah KKM sekolah. 12288 12288 12288 12288 Untuk mengatasi masalah tersebut guru dituntut agar dapat menemukan cara yang dapat memahamkan materi permutasi dan kombinasi. Agar siswa dapat memahami konsep permutasi dan kombinasi maka diperlukan pembelajaran yang menggunakan media. Media yang dipilih dalam memahamkan materi permutasi dan kombinasi adalah media cat air. Penggunaan media cat air akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2013-Mei 2013 di kelas IPA 1 SMAK Yos Sudarso Kepanjen pada materi permutasi dan kombinasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Penerapan pendekatan RME menggunakan 5 langkah kegiatan yaitu memahami masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual membandingkan dan mendiskusikan jawaban menyimpulkan dan permainan antar kelompok yang merupakan modifikasi dari pendekatan RME. Langkah kegiatan pembelajaran mengacu pada karakteristik RME yaitu menggunakan masalah kontekstual menggunakan model menggunakan kontribusi siswa interaksi dan terintegrasi (terkait) dengan topik pembelajaran lainnya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penggunaan media cat air dengan menggunakan pendekatan RME dapat memahamkan siswa pada materi permutasi dan kombinasi. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa terjadi peningkatan siswa yang tidak melakukan kesalahan konseptual prosedural dan kalkulasi dari siklus I ke siklus II sebanyak 14 04% dan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 4 siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item