Penggunaan media peta untuk memahami materi perbandingan melalui pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2012/2013 / Umrotul Kharimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media peta untuk memahami materi perbandingan melalui pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2012/2013 / Umrotul Kharimah

Kharimah, Umrotul (2013) Penggunaan media peta untuk memahami materi perbandingan melalui pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2012/2013 / Umrotul Kharimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kharimah Umrotul. 2013. Penggunaan Media Peta untuk Memahamkan Materi Perbandingan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci Media peta Pemahaman materi Pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data kegiatan observasi awal yang dilakukan peneliti untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto pada materi perbandingan dengan memberikan soal diperoleh bahwa 17 siswa atau mendapatkan nilai dibawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) sekolah yaitu 73. Sebanyak 19 siswa atau melakukan kesalahan konseptual 15 siswa atau melakukan kesalahan prosedural dan 8 siswa atau melakukan kesalahan kalkulasi. Siswa dikatakan paham apabila dari jumlah siswa di kelas VII-A memiliki nilai SKM sekolah yaitu 73 dan dari jumlah siswa di kelas tidak melakukan kesalahan konseptual kesalahan prosedural dan kesalahan kalkulasi. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mempermudah siswa untuk menerima dan memahami mata pelajaran matematika sehingga sebagian hasil belajar mereka baik. Pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan kondisi anak dan keadaan sekolah yaitu murah harga mudah digunakan gampang dipahami serta tidak sulit didapat. Salah satu cara penyajian materi pelajaran yang diharapkan dapat membantu untuk memahamkan siswa pada materi perbandingan adalah dengan menggunakan media peta melalui pembelajaran kooperatif tipe grup investgasi yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu (1) tahap pembentukan kelompok (2) tahap perencanaan investigasi (3) tahap pelaksanaan investigasi (4) tahap penyiapan laporan (5) tahap penyajian laporan (6) tahap evaluasi (7) tahap penghargaan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis tahun ajaran 2012/2013 dengan materi perbandingan dan media yang digunakan adalah media peta khususnya Peta Indonesia dan Peta Propinsi Jawa Timur yang disisipkan dalam Lembar Kerja Siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan hasil penelitian pada siklus I adalah sebanyak 20 siswa atau dapat mencapai standar ketuntasan belajar 18 siswa atau melakukan kesalahan konseptual 12 siswa atau melakukan kesalahan prosedural dan 9 siswa atau melakukan kesalahan kalkulasi. Pada siklus II sebanyak 27 siswa atau dapat mencapai standar ketuntasan belajar 7 siswa atau melakukan kesalahan konseptual 5 siswa atau melakukan kesalahan prosedural dan 5 siswa atau melakukan kesalahan kalkulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item View Item