Fikriyaturrohmah (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif hands-on equations berbantu komputer pada materi persamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII / Fikriyaturrohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fikriyaturrohmah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Hands-on Equations Berbantu Komputer pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Media pembelajaran interaktif persamaan linier satu variabel Hands-on Equations. Penggunaan media pembelajaran akan memudahkan mengajarkan suatu konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit dengan menggunakan obyek-obyek gambar dan benda yang konkrit. Pengembangan media ini diperlukan untuk mempermudah pemahaman konsep persamaan linier satu variabel dengan media Hands-on Equations yang menggunakan neraca dengan dua sisi untuk mewakili konsep persamaan pion untuk mewakili variabel dan kotak untuk mewakili bilangan konstanta. Sehingga dengan dikembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan program macromedia flash materi tersebut bisa disampaikan secara interaktif dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan program media pembelajaran interaktif Hands-On Equations pada materi persamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang terdiri dari kegiatan (1) penyusunan rancangan yang terdiri dari (a) identifikasi kebutuhan (b) perumusan tujuan instruksional (c) mengumpulkan bahan referensi (d) konsultasi pada ahli materi dan ahli media (2) penulisan naskah yang terdiri dari (a) pembuatan bagan program (b) pembuatan storyboard program (3) produksi media dan (4) evaluasi program media yang berupa (a) membuat instrumen pengumpulan data (b) validasi produk (c) uji coba produk dan (d) revisi dan menghasilkan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Data yang didapatkan berupa data kuantitatif dan kulitatif deskriptif. Data kuantitatif berasal dari uji validasi produk dari ahli materi ahli Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dan uji coba kelompok kecil pada 6 siswa kelas VI yang belum menempuh materi persamaan linier satu variabel. Data kualitatif deskriptif diperoleh dari kritik dan saran dari validator dan subyek uji coba. Hasil uji validasi dan uji coba adalah sebagai berikut media yang dihasilkan merupakan media yang berkualitas karena memenuhi kriteria valid dan praktis sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan sebagai berikut (1) hasil validasi materi diperoleh nilai akhir 79 41% sehingga media dikategorikan valid (2) hasil validasi media diperoleh persentase 83 33% sehingga media dikategorikan valid (3) hasil uji coba kelompok kecil pada 6 siswa diperoleh persentase 85 42% sehingga media dikatakan sangat praktis. Disarankan kepada pengembang selanjutnya untuk mengembangkan media persamaan linier satu variabel dengan menggunakan simulasi neraca yang bisa digerakkan oleh siswa dan juga mengembangkan media pada materi pertidaksamaan linier satu variabel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |