Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar untuk kelas VIII SMP / Irma Retna Ayuningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar untuk kelas VIII SMP / Irma Retna Ayuningrum

Ayuningrum, Irma Retna (2013) Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar untuk kelas VIII SMP / Irma Retna Ayuningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan LKS Inkuiri Terbimbing Faktorisasi Aljabar Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu sumber belajar. Berdasarkan survei SMP Negeri 8 Malang menggunakan LKS untuk menunjang pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulumnya. LKS matematika yang beredar di sekolah bersifat drill. Observasi pada bulan Juli sampai September 2012 yang dilakukan pada suatu kelas VIII di sekolah tersebut menunjukkan bahwa LKS tidak pernah digunakan oleh guru. Guru pengajar menyampaikan bahwa LKS yang ada kurang menarik minat belajar siswa dan kualitas isinya rendah karena hanya berisi kumpulan soal yang tidak variatif. Sementara itu berdasarkan data nilai hasil ulangan harian siswa lebih dari 80% siswa di kelas tersebut mengalami kesulitan menuntaskan kompetensi dasar faktorisasi aljabar. Peneliti mendapatkan data pustaka pada beberapa penelitian sebelumnya LKS dengan pendekatan inkuiri terbimbing mampu membantu siswa memahami konsep matematika dalam berbagai pokok bahasan. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud mengembangkan LKS yang valid dan praktis dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar. Model Pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D milik Thiagarajan. Terdapat empat tahapan dalam model pengembangan ini yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Tahap keempat yaitu penyebaran tidak dilaksanakan tetapi dimasukkan sebagai saran pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut. LKS dikembangkan dengan menggunakan enam karakteristik pendekatan inkuiri terbimbing yang dirumuskan oleh Kuhlthau dan Ross Todd. Penelitian dan Pengembangan dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Maret. Kegiatan validasi LKS dilakukan oleh satu orang dosen dan satu orang guru matematika SMP. Uji coba produk LKS dilakukan terhadap empat siswa kelas VIII SMP Negeri 8 yang dipilih berdasarkan jenis kelamin dan tingkat kemampuan matematis di kelasnya serta dua orang siswa SMP Islam Ma arif 2 Malang yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket siswa. Setelah dilakukan analisis data berdasarkan kriteria kevalidan yang diadaptasi dari Arikunto dan tingkat kepraktisan yang diadaptasi dari Hobri hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis dengan prosentase kevalidan 85 15% dan rata-rata skor kepraktisan 3 26. Namun keefektifan LKS dalam membantu siswa menuntaskan kompetensi dasar faktorisasi aljabar belum dapat diketahui karena uji coba dilaksanakan dalam kelompok kecil yang telah menempuh materi tersebut. Oleh karena itu diharapkan akan ada penelitian lebih lanjut pada kelompok besar untuk mengetahui tingkat keefektifan LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item View Item