Andrianti, Kiki (2010) Pemanfaatan laboratorium komputer dalam pembelajaran TIK untuk siswa kelas XI di SMA Patra Dharma Balikpapan / Kiki Andrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pemanfaatan laboratorium komputer pembelajaran TIK. Laboratorium merupakan sarana penunjang dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Walaupun laboratorium komputer dapat menjadi tempat yang member fungsi cukup baik tetapi dalam pencapaian belajar siswa belum memenuhi target hal ini disebabkan tenaga guru yang jumlahnya masih sedikit dan cara mengajar TIK masih bersifat monoton serta beberapa fasilitas yang tidak dapat dipergunakan. Pemanfaatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pengelolaan dan pemanfaatan laboratorium komputer mendeskripsikan frekuensi pemanfaatan laboratorium komputer mendeskripsikan tata cara atau penggunaan laboratorium computer serta mendeskripsikan factor yang mendukung dan menghambat dan menghambat Laboratorium Komputer dalam pembelajaran TIK yang telah melalui proses penelitian untuk siswa kelas XI di SMA Patra Dharma Balikpapan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif data yang diperoleh dari guru TIK di SMA Patra Dharma Balikpapan dan siswa yang diambil sebagai sampel adalah siswa kelas XI yang berjumlah 100 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada siswa panduan wawancara yang dilakukan guru dan dokumentasi berupa pengamatan fasilitas yang tersedia di Laboratorium Komputer. Setelah melalui proses pengelolaan data diketahui hasil penelitian adalah pengelolaam dan pemilihan fasilitas yang ada di Laboratorium Komputer cukup efektif. Ruangan yang tersedia mampu menampung 40 siswa. Pembelajaran TIK yang dilakukan di laboratorium computer efektif dilihat dari kegiatan pembelajaran TIK yang menyenangkan siswa serta dapat memotivasi siswa selama proses belajar mengajar serta tenaga laboran yang ada cukup membantu dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut disarankan siswa agar memanfaatkan laboratorium computer untuk pembelajaran TIK sebaik mungkin kepada guru hendaknya tidak membiarkan peralatan laboratorium computer yang tidak bias dioperasionalkan sehingga tidak akan menggangu proses belajar mengajar di laboratorium computer. Sebaiknya guru mencoba metode lain yang lebih menarik materi disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga akan memotivasi sisawa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |