Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan aturan pangkat, akar, dan logaritma untuk SMA kelas X dengan pendekatan penemuan terbimbing / Fahrur Rozi Hadiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan aturan pangkat, akar, dan logaritma untuk SMA kelas X dengan pendekatan penemuan terbimbing / Fahrur Rozi Hadiyanto

Hadiyanto, Fahrur Rozi (2013) Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan aturan pangkat, akar, dan logaritma untuk SMA kelas X dengan pendekatan penemuan terbimbing / Fahrur Rozi Hadiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadiyanto Fahrur Rozi. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pokok Bahasan Aturan Pangkat Akar Dan Logaritma Untuk Sma Kelas X dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci Lembar Kerja Siswa Pendekatan Penemuan Terbimbing Pangkat Akar dan Logaritma. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa di lapangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan oleh siswa cenderung kurang menarik minat siswa. Beberapa siswa menyebutkan bahwa pada LKS langsung memberikan rumus atau sifat tentang pokok bahasan yang diberikan. Pada kelas X terdapat pokok bahasan Aljabar yang memuat rumus atau sifat tentang pangkat akar dan logaritma. Pada umumnya siswa hanya menghafal dan mengingat rumus atau sifat dari pangkat akar dan logaritma sehingga apabila mereka mendapatkan masalah yang sedikit berbeda dari contoh mereka kesulitan dalam menggunakan rumus yang diberikan. Oleh karena itu pengembang terdorong untuk mengembangkan LKS beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada materi pangkat akar dan logaritma. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pengembangan LKS menggunakan metode 4-D dengan menggunakan empat tahap yaitu Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) and Disseminate (Penyebarluasan) (Hobri 2010). Namun karena keterbatasan waktu maka pengembang hanya sampai pada tahap develop. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh dua validator yaitu satu dosen matematika dan satu guru SMA. Setelah itu LKS divalidasikan pada 10 siswa SMA untuk mengetahui tingkat keberhasilan LKS tersebut dalam membantu siswa memahami materi pangkat akar dan logaritma. 12288 12288 12288 12288 LKS yang dikembangkan telah memenuhi tiga tahap uji coba yaitu (1) kevalidan (2) kepraktisan dan (3) keefektifan. Dari hasil validasi dan setelah di analisis LKS dinyatakan sangat valid dengan persentase 93 06% LKS dinyatakan praktis karena telah membantu siswa dalam memahami suatu materi LKS dinyatakan telah efektif karena semua subjek uji coba telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 00. Dengan demikian LKS dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15799

Actions (login required)

View Item View Item