Pembelajaran Problem Posing - NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada pokok bahasan garis dan sudut / Fitria Dwi Rosi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Problem Posing - NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada pokok bahasan garis dan sudut / Fitria Dwi Rosi

Rosi, Fitria Dwi (2013) Pembelajaran Problem Posing - NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada pokok bahasan garis dan sudut / Fitria Dwi Rosi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosi Fitria Dwi. 2013. Pembelajaran Problem Posing NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sisworo M.Si Kata kunci problem posing NHT Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Negeri 9 Malang diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran Matematika masih tergolong rendah. Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Malang masih belum maksimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang menunjukkan bahwa 70% siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran Problem Posing-NHT (Numbered Head Together) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran Problem Posing-NHT (Numbered Heads Together) dalam upaya meningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang pada materi garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus yaitu 4 pertemuan. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi jika mencapai 80% dari banyak siswa mencapai nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Proses pelaksanaan pembelajaran Problem Posing-NHT (Numbered Head Together) ini dilaksanakan melalui 5 tahapan yaitu penomoran (Numbering) mengajukan pertanyaan (Questioning) berfikir bersama (Heads Together) menjawab (Answering) dan pengajuan soal (Problem Posing). Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan 87.5% siswa tuntas belajar serta aktivitas guru dan siswa menunjukkan taraf keberhasilan dalam kategori Baik . Langkah- langkah pembelajaran problem posing NHT (Numbered Head Together) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Malang pada materi garis dan sudut yaitu pada tahap Numbering guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen kemudian setiap kelompok diberikan nomor sesuai jumlah anggota kelompoknya sehingga setiap anggota kelompok mendapat nomor yang berbeda. Pada tahap Questioning guru memberikan LKS pada setiap kelompok. Pada tahap Head Together siswa diminta untuk berdiskusi bersama kelompoknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item