Wardhani, Dyah Ayu Pramoda (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode guided discovery untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen / Dyah Ayu Pramoda Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wardhani Dyah Ayu Pramoda. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kooperatif metode guided discovery keaktifan belajar siswa segitiga dan segiempat. Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 5 Pebruari 2013 di kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen menunjukkan bahwa siswa kurang aktif selama kegiatan pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran tersebut guru lebih sering menjelaskan suatu materi kemudian memberi contoh soal dan siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang ada di lembar kerja siswa sehingga peran guru lebih dominan daripada peran siswa. Oleh karena itu pengajaran matematika di sekolah perlu diperbaiki dimana peran siswa dalam kegiatan pembelajaran lebih dominan dibanding peran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen pada materi segitiga dan segiempat melalui pembelajaran kooperatif dengan metode guided discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap tindakan (3) tahap pengamatan (observasi) dan (4) tahap refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus 1 belum memenuhi kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu banyaknya siswa yang aktif adalah 70% dari seluruh siswa. Persentase keaktifan belajar siswa pada pertemuan ke-1 sebanyak 62 5% dan pada pertemuan 2 sebanyak 67 5%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 76 2% pada pertemuan ke-1 dan 85 7% pada pertemuan ke-2. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode guided discovery dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen. Oleh karena itu guru dapat menggunakan pembelajaran kooperatif metode guided discovery agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu hendaknya pemberian poin dalam pelaksanaan pembelajaran perlu dilakukan agar siswa termotivasi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15791 |
Actions (login required)
View Item |