Penerapan model pembelajaran learning cycle 6E untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Ngasem Kediri / Dhiah Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 6E untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Ngasem Kediri / Dhiah Septiana

Septiana, Dhiah (2013) Penerapan model pembelajaran learning cycle 6E untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Ngasem Kediri / Dhiah Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning Cycle 6E aktivitas belajar siswa Aktivitas belajar sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP N 1 Ngasem Kediri diketahui bahwa proses pembelajaran cenderung masih menggunakan metode ceramah dan terpusat pada guru. Guru juga jarang menggunakan model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menggantungkan pengetahuannya dari apa yang disampaikan oleh guru. Dari 40 siswa di kelas VIII-H hanya 8 siswa yang aktif bertanya dan dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dengan baik. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti Learning Cycle 6E. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngasem Kediri dengan subjek siswa kelas VIII-H tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 6E yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi lingkaran. Data yang diperoleh merupakan hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran menggunakan Learning Cycle 6E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Learning Cycle 6E yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu (1) fase elicit (identifikasi tujuan) guru menyampaikan tujuan pembelajaran (2) fase engagement (undangan) guru mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari (3) fase exploration (eksplorasi) siswa berdiskusi menyelesaikan LKS untuk mengkonstruksi konsep materi (4) fase explanation (penjelasan) siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya (5) fase elaboration (penerapan konsep) siswa menerapkan konsep yang telah dipelajari dengan mengerjakan lembar pemantapan (6) fase evaluation (evaluasi) siswa mengerjakan kuis secara individu untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Persentase siswa yang aktif pada siklus I sebesar 55% atau sebanyak 22 siswa. Sedangkan pada siklus II sebesar 77 5% atau sebanyak 31 siswa 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item View Item